EmitenNews.com - Panca Mitra Multiperdana (PMMP) bakal menerbitkan private placement 235,30 juta lembar. Pengeluaran saham anyar itu setara 10 persen dari modal ditempatkan dan disetor perseroan. Saham baru itu, menyapa pelaku pasar dengan balutan nilai nominal Rp100 per eksemplar. 


Seluruh dana dari hasil pelaksanaan private placement, setelah dikurangi biaya-biaya emisi, akan dipergunakan untuk modal kerja perseroan. Nantinya, dana emiten milik perusahaan Kaesang Pangarep akan digunakan untuk pembelian bahan baku udang, dan bahan baku pelengkap untuk kegiatan produksi perseroan.


Private placement akan meningkatkan jumlah saham beredar atau saham yang dikeluarkan emiten bidang pengolahan dan pengeksporan udang tersebut. Kepemilikan pemegang saham akan terdilusi 9,09 persen namun, jumlah lembar saham tidak akan terpengaruh pelaksanaan private placement. Aksi korporasi itu, akan memberikan dampak dilusi kepada pemegang saham saat ini. 


Sebelumnya, PT Tiga Makin Jaya memiliki saham 43 persen, Soesilo Soebardjo memiliki saham 24,65 persen, Martinus Soesilo memiliki saham 8,50 persen, PT Harapan Bangsa Kita memiliki saham 8,00 persen, Hirawan Tedjokoesoemo memiliki saham 0,85 persen, dan pemegang saham publik mengapling 15,00 persen. 


Setelah pelaksanaan private placement, PT Tiga Makin Jaya akan memiliki saham 39,09 persen, Soesilo Soebardjo memiliki saham 22,41 persen, Martinus Soesilo memiliki saham 7,73 persen, PT Harapan Bangsa Kita memiliki saham 7,27 persen, Hirawan Tedjokoesoemo memiliki saham 0,77 persen, dan pemegang saham publik 13,64 persen. 


Hajatan itu akan digelar setelah mendapat restu investor dalam rapat umum pemegang saham luar biasa pada Rabu, 5 Juni 2023. Peserta berhak ikut dalam RUPS luar biasa dengan nama tercatat sebagai pemegang saham alias recording date pada Kamis, 11 Mei 2023. (*)