EmitenNews.com - Solusi Sinergi Digital alias Surge (WIFI) akan menggeber right issue maksimum 4.961.706.833 helai alias 4,96 miliar lembar. Penerbitan saham anyar tersebut setara dengan 68,75 persen dari modal ditempatkan, dan disetor penuh. Pengeluaran saham baru itu, dibanderol dengan nilai nominal Rp100. 


Dana hasil penerbitan right issue setelah dikurangi biaya-biaya emisi sekitar 50 persen akan digunakan untuk melakukan setoran modal kepada entitas anak usaha perseroan, yaitu PT Integrasi Jaringan Ekosistem (IJE). Nanti oleh IJE dana itu, akan digunakan untuk Capital Expenditure (Capex) yaitu untuk membangun segmen-segmen fiber optik pada sepanjang jalur kereta api Pulau Jawa.


Lalu, sisanya sekitar 50 persen akan digunakan sebagai modal kerja perseroan, dan entitas anak usaha terdiri antara lain biaya pembelian perlengkapan penunjang, biaya pengembangan layanan, biaya pemasaran, biaya pelatihan, dan biaya overhead lainnya. 


Aksi itu akan membuat Surge memiliki struktur permodalan lebih baik, dapat meningkatkan kondisi keuangan untuk melakukan pengembangan usaha bidang periklanan, produk, layanan digital, dan jaringan serat optik. Lalu, perseroan akan memperoleh pendanaan baru untuk mendukung modal kerja perseroan.


Hajatan itu, akan digelar setelah mendapat restu pemegang saham. Oleh karena itu, perseroan akan meminta persetujuan investor dalam rapat umum pemegang saham luar biasa pada Rabu, 2 Agustus 2023 pukul 10.00 WIB. Peserta berhak terlibat dalam ajang itu, harus tercatat sebagai pemegang saham perseroan pada 10 Juli 2023. 


Agenda persetujuan pengeluaran saham dalam simpanan (portepel) perseroan sehubungan dengan pelaksanaan right issue, pemberian kuasa, dan wewenang kepada direksi dengan hak substitusi, untuk melakukan segala tindakan dianggap perlu sehubungan dengan pelaksanaan right issue. (*)