EmitenNews.com -PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyambut baik dan mendukung penuh setiap upaya penguatan ekosistem pasar modal di segala lini. Seperti halnya yang dilakukan oleh komunitas wartawan pasar modal, Capital Market Journo (Camaro), dengan menggelar turnamen olahraga futsal bertajuk Camaro Futsal Competition 2023, yang diikuti oleh 16 emiten dan delapan forum wartawan.

 

"Sepintas mungkin hanya kegiatan olah raga, tapi (kegiatan) ini sangat efektif dalam membangun kebersamaan dalam ekosistem pasar modal itu sendiri, sehingga sekaligus menjadi sosialisasi industri (pasar modal) dalam bentuk tersendiri," ujar Direktur Pengembangan BEI, Jeffrey Hendrik, dalam ceremony pembukaan Camaro Futsal Competition 2023, di Jakarta, Sabtu (16/9/2023).

 

Bahkan, bila saat ini telah melibatkan puluhan emiten sebagai pendukung acara dan belasan diantaranya menjadi peserta, Jeffrey berharap ke depan perusahaan-perusahaan sekuritas yang menjadi Anggota Bursa (AB) juga tak ketinggalan dalam mengikuti acara ini.

 

Dengan adanya wadah kebersamaan semacam ini, menurut Jeffrey, bakal dapat memperkuat ekosistem pasar modal nasional secara lebih efektif. Dengan demikian, setiap tantangan yang ada di lapangan diharapkan juga bakal bisa dihadapi dan dicarikan solusinya secara bersama-sama.

 

"Kita juga bisa melihat bahwa mayoritas investor ritel kita saat ini adalah generasi muda. Sehingga kegiatan-kegiatan semacam ini, dengan mengangkat tagline 'maju bersama pasar modal Indonesia', Saya rasa justru lebih tepat dan efektif dalam memperkuat edukasi dan sosialisasi di masyarakat," tutur Jeffrey.

 

Terakhir, Jeffrey berharap berbagai inisiatif dan inovasi kegiatan semacam ini dapat dipertahankan, dan bahkan ditingkatkan guna mengembangkan industri pasar modal secara keseluruhan. Terutama dalam hal memperkuat basis investor di masyarakat. "Kalau perlu hadiahnya terus diperbesar setiap tahun, agar pesertanya makin semangat, dan makin banyak. Dengan begitu, gaungnya di masyarakat juga bisa semakin maksimal," tegas Jeffrey. 

 

Sementara, Kepala Departemen Perizinan Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Luthfy Zain Fuady, juga mengapresiasi atas inisiatif Camaro dalam membangun kebersamaan di lingkup ekosistem pasar modal nasional. Dengan kebersamaan dan komunikasi yang lebih baik, diharapkan juga dapat mendukung proses transmisi berbagai kebijakan dan peraturan pasar modal dari regulator kepada publik secara luas.

 

"Secara komunikasi jadi lebih lancar. Kalau ada masalah, penanganannya juga lebih mudah. Dan lebih nyaman juga secara maintenancenya," ujar Luthfi.

 

Dalam membangun dan mengembangkan industri pasar nasional, menurut Luthfi, perlu sumbangsih dan kontribusi dari berbagai pihak. Tidak hanya pelaku pasar, pelaku industri dan regulator yang sehari-hari berkecimpung dalam aktivitas pasar modal, keberadaan wartawan dan dunia media juga disebutnya memiliki peran yang sangat penting.