EmitenNews.com-Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-45 Pasar Modal diaktifkannya kembali Pasar Modal Indonesia, Capital Market Journo (CAMARO) kembali menggelar turnamen futsal yang sebelumnya sempat tertunda akibat pandemi. Kompetisi tersebut melibatkan sejumlah komponen pasar modal dan jasa keuangan di Indonesia, mulai dari emiten, perusahaan jasa keuangan dan juga self regulatory organization (SRO).


Acara yang dibuka oleh perwakilan dari Otoritas Jasa Keuangan, Bursa Efek Indonesia dan Federasi Futsal Indonesia (FFI) itu sudah kali ke-4 digelar sejak berdirinya Camaro.

  

Ketua Camaro Futsal Competition 2022 Dian Ihsan Siregar mengatakan, aktivitas ini merupakan ajang untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan kepada seluruh lapisan masyarakat. 


Hal itu sejalan dengan semangat Bursa Efek Indonesia (BEI) yang terus menggalakkan berbagai program demi mendongkrak minat investasi. Sampai dengan Agustus 2022, berdasarkan data PT Kustodian Sentral Efek Indonesia, total investor pasar modal tanah air sudah mencapai 9,38 juta single investor identification (SID) yang terbagi atas investor saham, obligasi dan juga reksa dana.


Jumlah tersebut meningkat 25,2% dibanding tahun lalu. Khusus untuk investor saham, jumlahnya meningkat 18% menjadi 4,07 juta investor. Hal itu membuktikan bahwa ketertarikan akan produk investasi, khususnya pasar modal sudah berada dalam tren yang menanjak.


“Ajang ini juga bisa menjadi wadah silaturahmi bagi seluruh pelaku pasar untuk bisa mengenal satu sama lain dalam kondisi kasual. Proses literasi bisa berjalan cair tanpa adanya sekat birokrasi,” jelasnya. 


Lebih lanjut dirinya mengatakan, dalam turnamen kali ini, sebanyak 24 tim akan berlaga. 16 tim diantaranya berasal dari tim korporasi dan 8 tim dari forum wartawan. Masing-masing tim bakal berkompetisi untuk memperebutkan total hadiah sebesar Rp70 juta dan juga trofi piala.


Namun dalam perjalanannya, Pefindo, salah satu tim dari kategori korporasi menyatakan mundur dari gelaran kompetisi. Sehingga peserta Camaro Futsal Competition 2022 hanya diikuti oleh 15 tim yang berasal dari PT Pupuk Indonesia (Persero), PT Tower Bersama Infrastructure Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, PT Pegadaian, PT Bukalapak.com Tbk, PT Buana Finance Tbk, PT Medco Energi Internasional Tbk, PT Sawit SumberSumbermas Sarana Tbk, PT AIA Financial Indonesia, PT Mirae Sekuritas, PT Daya Mitra Telekomunikasi Tbk, PT PP (Persero) Tbk, PT Wika Gedung Tbk, PT Jaminan Kredit Indonesia/Jamkrindo (Persero) dan PT Nusantara Infrastructure Tbk. 


Sementara dari kategori wartawan, gelaran ini diikuti oleh Camaro, Forum Wartawan BUMN, Forum Wartawan Otomotif (Forwot), Jurnalis Ekonomi Syariah (JES), Fortami, Forwahub, Forkem dan Forwin.


PT Pupuk Indonesia berhasil menyabet juara pertama untuk kategori korporasi, diikuti oleh PT Bank Rakyat Indonesia di peringkat 2, PT Tower Bersama Infrastructure di peringkat 3 dan PT Pegadaian di peringkat 4. 


Sedangkan dari kategori wartawan, juara pertama dimenangkan oleh FW BUMN, juara kedua diduduki oleh Fortami, juara ketiga dimenangkan oleh JES dan di peringkat empat diisi oleh Forwahub.


Camaro Futsal Competition 2022 juga memberikan apresiasi untuk Top scorer baik dari kategori korporasi mauoun wartawan. Dari kategori korporasi adalah Rhiyan Armando Tuasalamony dari tim PT Pegadaian yang menjadi pengumpul gol terbanyak. 


Sementara dari kategori wartawan, adalah Joko dari FW BUMN dan Baking dari tim FW Forwahub yang menjadi Top Scorer.


Dengan mengusung tema Bangkit Bersama Pasar Modal, gelaran Camaro diharapkan mampu membawa angin segar bagi perekonomian tanah air pasca dihantam pandemi selama kurang lebih 2 tahun. 


“Camaro Futsal Competition merupakan salah satu bentuk dukungan wartawan pasar modal untuk menjaga ekosistem pasar modal Indonesia tetap positif," ujarnya. 


Dalam kesempatan yang sama, Direktur Pengawasan Transaksi Efek Otoritas Jasa Keuangan OJK Khoirul Muttaqin mengungkapkan, apresiasi yang setinggi-tingginya kepada teman-teman penyelenggara CAMARO yang sudah mengadakan kompetisi yang sangat bermanfaat dan menjunjung tinggi sportifitas. Diharapkan sportifitas ini tidak hanya diterapkan dalam olahraga namun juga dalam kehidupan sehari-hari. "Selamat berkompetisi dan berlomba, apapun hasilnya yang penting kemenangan ini milik kita semua," kata dia.