EmitenNews.com - Merry Riana dikenal sebagai salah satu motivator Indonesia yang sukses setelah mendapatkan julukan ‘wanita sejuta dolar’ di usia 26 tahun. Merry Riana tidak mendapatkan 1 juta dolar dengan mudah, tetapi lewat kerja keras dan disiplinnya dalam bekerja dan mengelola keuangan. 


Pada awal kepindahannya ke Singapura, tidak mudah bagi perempuan muda untuk hidup di negeri orang dengan membawa utang pendidikan dan bertahan dengan uang 10 dolar setiap minggunya. Suatu ketika di usianya ke 20 tahun, Merry Riana menyadari bahwa tidak ada gunanya dirinya menyalahkan keadaaan dan mengasihani diri sendiri. Setelah itu, Merry Riana bertekad di usia sebelum 30 tahun untuk mencapai kebebasan finansial. Pencapaian itu dia gunakan untuk melunasi utang-utangnya dan membahagiakan orang tua.


“Saya bertekad sebelum usia 30 tahun, saya bisa mencapai kebebasan finansial. Bisa membayar utang-utang, bisa bahagiakan orang tua selama saya bisa dan selama mereka masih ada,” kata Merry mengawali ceritanya. Diundang sebagai narasumber di platform YouTube SuccessBefore30 milik Chandra Putra Negara, Merry Riana membagikan empat langkah untuk mencapai kebebasan finansial:


Financial mess

Tahap pertama dalam menuju kebebasan finansial adalah financial mess atau kekacauan finansial. Keadaan di mana pengeluaran lebih besar dari pendapatan, termasuk utang dimana-mana. Merry Riana sadar dirinya memiliki utang pendidikan karena sedang mengenyam pendidikan di Singapura Kemudian Merry Riana mulai menerapakan prinsip ‘pengeluaran harus lebih minim dari pendapatan’ dengan mengubah gaya hidup seperti mahasiswa dengan memasak sendiri dan mencari tempat makan murah. Dia berminat untuk menjalankan bisnis tetapi tidak mau membangun dengan cara utang, karena menurutnya itu sama dengan ‘gali lubang, tutup lubang’. Akhirnya Merry Riana terjun ke dunia sales dengan modal waktu, tenaga, dan keberanian. 


Financial security

Setelah financial mess sudah teratasi, masuk ke tahap berikutnya, yaitu financial security atau keamanan keuangan. Dua unsur penting dalam financial security menurut Merry Riana adalah menjaga pendapatan lebih besar dari pengeluaran dan memiliki simpanan uang di tabungan setidaknya enam bulan ke depan. Hal ini bertujuan untuk menjaga kebutuhan hidup tetap terjaga jika pekerjaan sedang macet atau tidak mendapat komisi. Keamanan mengelola keuangan menjadi kewajiban dan keharusan sebelum Kawan EmiteNews menginvestasikan ke berbagai instrumen investasi. 


Financial flexibility

Langkah ketiga adalah financial flexibility, yaitu keadaan di mana Kawan EmiteNews dapat fleksibel atau bebas menentukan uang yang dimiliki mau diinvestasikan ke mana dan digunakan untuk apa.

Pastikan Kawan EmiteNews memiliki financial security terlebih dahulu, baru memikirkan fleksibilitas pengeluaran. Jika dibalik, maka keuangan Kawan EmiteNews dapat dipastikan lebih boros dan menjadi kurang disiplin. “Sebelum memiliki keamanan finansial, jangan pikir fleksibel. Jadi kunci dulu, baru atur keuangan mau dibuat apa,” ujar Merry.


Merry Riana memutuskan untuk tetap bekerja keras tanpa menambah pengeluarannya. “Saya tetep kerja keras, 7 hari non-stop dan 14 jam sehari. Dalam sehari saya selesaikan 20 presentasi. Kalau gak, gak pulang. Itu komitmen. Kerja keras itu membuahkan hasil,” tambah Merry. 


Tahun pertama bekerja, Merry Riana telah mendapatkan 2 miliar rupiah di usia 23 tahun. “Tahun pertama terjun di dunia sales, saya mendapatkan pendapatan lebih dari SGD 220 ribu atau setara 2 miliar rupiah di usia 23 tahun.” Ketika Merry Riana mendapatkan 220 ribu SGD, dirinya melunasi utang pendidikannya seharga 40 ribu SGD. Dari beragam instrumen investasi dan sisa pendapatannya, Merry Riana memutuskan untuk menginvestasikan kepada bisnisnya karena dia yakin dengan kinerja dirinya sendiri. Akhirnya investasi yang dilakukan Merry Riana kepada MRO mengantarnya jadi wanita sejuta dolar.


“Mayoritas uang yang saya dapatkan saya investasikan untuk mengembangkan bisnis saya. Karena saya bekerja sendiri saja sudah dapat pendapatan lebih banyak. Saya sewa kantor di Singapura, merekrut lebih banyak staf. Akhirnya MRO yang membuat saya mendapatkan 1 juta dolar pada saat saya berusia 26 tahun,” ungkap Merry.


Financial freedom

Banyak pertanyaan skeptis tertuju pada Merry Riana seperti “Kok masih kerja walau sudah sampai fase ini?” 


“Semenjak bebas finansial, makna bekerja bukan lagi untuk mencari kebutuhan, melainkan bekerja untuk berkarya, untuk bertumbuh, belajar, untuk menyalurkan pengalaman yang kita punya. Bekerja sesuai dengan passion." Lebih lanjut Merry menjelaskan visinya setelah mendapatkan kebebasan finansial. “Menciptakan dampak positif dalam kehidupan jutaan orang, khususnya Indonesia lewat seminar, video, film, YouTube,” ujar Merry.


Mulai jalan menuju kebebasan finansial