EmitenNews.com - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) meresmikan pembukaan Kantor Cabang Syariah (KCS) berkonsep hybrid pertama di Indonesia, CIMB Niaga Syariah Digital Branch, di Jalan Veteran Selatan, Makassar, pada Rabu (8/5/2024). 

Kantor cabang ini melengkapi layanan perbankan yang telah ada di Makassar, yang sebelumnya terdiri dari tiga kantor cabang konvensional, satu KCS, dan dua Digital Lounge. Acara peresmian dihadiri oleh Direktur Syariah Banking CIMB Niaga, Pandji P. Djajanegara, bersama jajaran manajemen CIMB Niaga.

Head of Region Indonesia Timur & Bali Nusra CIMB Niaga, Ahmad S. Ilham, menyatakan bahwa pembukaan CIMB Niaga Syariah Digital Branch di Makassar merupakan komitmen perseroan untuk menyediakan layanan perbankan berbasis syariah yang lebih mudah diakses dan berada di lokasi strategis di pusat perdagangan, yang juga dikelilingi oleh pemukiman masyarakat Makassar.

"Dengan dukungan dari para pemangku kepentingan dan nasabah, kami dapat menghadirkan inovasi layanan kantor cabang Syariah berkonsep hybrid untuk masyarakat Makassar. Kantor cabang yang menggabungkan KCS dan Digital Lounge ini menawarkan pengalaman perbankan yang komprehensif dan serba digital, sambil tetap mempertahankan sentuhan layanan personal khas CIMB Niaga untuk nasabah #YangUtama," kata Ilham.

Melalui Digital Branch ini, nasabah di Makassar dapat menikmati berbagai fasilitas perbankan digital terkini yang sebelumnya hanya ada di Digital Lounge, seperti mesin Self Service Banking, OCTO Vending Machine, dan perangkat tablet. 

Fasilitas digital ini menjadi pelengkap bagi layanan KCS, seperti Customer Service dan Teller. CIMB Niaga Syariah Digital Branch di Makassar juga menyediakan CIMB Preferred Lounge untuk melayani transaksi perbankan bagi nasabah istimewa, serta dapat dimanfaatkan untuk kegiatan manasik haji bagi nasabah travel haji dan umrah mitra CIMB Niaga.

Konsep Digital Branch telah diperkenalkan oleh CIMB Niaga di Jakarta dan beberapa kota di Pulau Jawa dan Bali pada tahun lalu, dan mendapat sambutan positif dari masyarakat. Kehadirannya di Makassar turut berkontribusi pada peningkatan pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) KCS di Makassar hingga Maret 2024, yang naik 20% menjadi Rp162 miliar dari Rp135 miliar pada Desember 2023.

"Kami berharap kehadiran Digital Branch ini dapat meningkatkan customer experience bagi nasabah, terutama yang menginginkan layanan berbasis syariah di Makassar. Sebelumnya, kami juga telah berinovasi menghadirkan Digital Lounge @Campus di Universitas Hasanuddin Makassar untuk melayani civitas akademika. Kami akan terus berinovasi agar nasabah dapat merasakan pengalaman perbankan yang lebih baik sesuai preferensi dan kenyamanan masing-masing," tambah Ilham.