EmitenNews.com - Pantai Indah Kapuk Dua (PANI) merancang private placement maksimal 1.562.715.000 helai alias 1,56 miliar lembar. Pengeluaran saham baru itu setara 10 persen dari seluruh modal disetor, dan ditempatkan dalam perseroan. Saham anyar itu, dibalut dengan nilai nominal Rp100.

Rencana tersebut telah mendapat lampu hijau dari para pemodal. Setidaknya aksi korporasi tersebut mendapat dukungan 73,46 persen suara mewakili 1,24 miliar pemegang saham. Selain itu, keputusan tersebut diambil dengan tingkat kehadiran pemilik suara sekitar 73,65 persen. 

Seluruh dana hasil dari pelaksanaan private placement, setelah dikurangi biaya-biaya akan digunakan untuk memperkuat struktur permodalan. Itu penting guna mendukung kegiatan usaha, pengembangan usaha/bisnis, dan/atau anak usaha, serta meningkatkan posisi keuangan, dan/atau anak usaha yang dapat menguntungkan seluruh pemegang saham termasuk masyarakat.

Sehubungan dengan private placement itu, saham baru akan dikeluarkan kepada satu atau beberapa pemodal yang bermaksud memiliki saham baru. Saat ini, calon investor belum ditentukan. Keterangan mengenai calon pemodal akan diungkap kepada pemegang saham paling lambat 5 hari kerja sebelum pelaksanaan private placement. 

Menyusul pelaksanaan private placement itu, pemegang saham yang tidak berpartisipasi akan mengalami dilusi kepemilikan saham secara proporsional yaitu maksimal 10 persen. Di sisi lain, struktur permodalan perseroan menjadi lebih kuat, dan mendukung kegiatan usaha serta pengembangan usaha/bisnis dan/atau anak usaha.

Hajatan itu akan digelar setelah mendapat izin dari investor. (*)