EmitenNews.com - PT DCI Indonesia Tbk. (DCII), telah menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan dan Paparan Publik untuk tahun buku 2024. Emiten penyedia layanan infrastruktur pusat data (colocation) itu, memaparkan serangkaian pencapaian signifikan sepanjang tahun 2023. Perusahaan mantapkan komitmen dalam inovasi serta ekspansi yang berkelanjutan sebagai pemimpin pasar pusat data di Indonesia.

Dalam keterangannya, Senin (22/4/2024), Direktur Keuangan dan Corporate Affairs PT DCI Indonesia, Evelyn, menyatakan, perseroan menutup tahun buku 2023 dengan meraih berbagai prestasi. 

Di antaranya, keberhasilan ekspansi Platform DCI, menjadi operator pusat data pertama di Asia Tenggara yang meraih Tier IV Gold Certification of Operational Sustainability (TCOS), dan pencatatan kenaikan pendapatan 25,1% Year on Year menjadi Rp1,3 Triliun. Pencapaian ini merupakan hasil optimalisasi berbagai strategi dan inovasi yang menjadi kunci keberhasilan DCI dalam mempertahankan pertumbuhan bisnis yang baik.

Lalu, dari sisi ekspansi dan skala operasionalnya, DCI memperluas infrastrukturnya dengan menyelesaikan pembangunan pusat data DCI H2-02 Karawang, green data center pertama di Indonesia dengan kapasitas 12 megawatt (MW) yang sebagian menggunakan energi surya, serta membangun dan meresmikan DCI E1, pusat data Tier IV pertama di pusat kota Jakarta dengan kapasitas 19 MW. Sehingga Perseroan kini mengoperasikan 7 gedung pusat data dengan total kapasitas layanan 83 MW.

Dalam hal keuangan, pada tahun 2023 DCI berhasil mencatatkan pendapatan tahunan Rp1,3 Triliun, menunjukkan pertumbuhan 25,1% Year on Year. EBITDA Perseroan tumbuh 24,3% mencapai Rp 874 Miliar dengan perolehan 66,9% margin, serta Perseroan berhasil membukukan Laba Bersih sebesar Rp 514 Miliar dengan pertumbuhan 40% Year on Year dan margin laba bersih tercatat sebesar 39%. Hal ini menandakan efisiensi operasional yang tinggi dan pengelolaan biaya yang efektif.

DCI terus berkomitmen memenuhi kebutuhan pusat data dengan standar layanan kelas dunia. Dengan kepercayaan tinggi dari pelanggan, Perseroan berhasil mencatatkan pertumbuhan pendapatan, peningkatan EBITDA serta peningkatan laba bersih yang positif selama tahun 2023. Kinerja ini mencerminkan keberhasilan strategi yang telah kami terapkan dalam upaya efisiensi operasional yang berkelanjutan.

"Kami tidak akan berpuas diri dengan berbagai penghargaan dan pencapaian yang telah kami raih di tahun 2023. Kedepannya, DCI berkomitmen untuk terus berinovasi dalam menyediakan solusi infrastruktur IT yang lebih efisien dan berkelanjutan, dengan tujuan utama untuk memberikan nilai tambah yang lebih besar bagi pelanggan kami dan berkontribusi terhadap percepatan digitalisasi di Indonesia," kata Evelyn. ***