EmitenNews.com - Kalangan buruh berencana menggelar aksi demonstrasi, Kamis (10/8/2023). Untuk itu, pihak polisi mengimbau agar para pengendara menghindari dua ruas jalan Gatot Subroto arah Slipi, Kompleks DPR, dan kawasan sekitar Monumen Nasional (Monas).

 

Kepada pers, seperti dikutip Kamis (10/8/2023), Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, untuk semantara masyarakat agar tidak dulu melakukan aktivitas di daerah Jalan Gatot Subroto khususnya lagi di depan Gedung DPR/MPR dan area sekitar Monas.

 

Pasalnya, area tersebut akan menjadi titik kumpul demo buruh. Karena itu, dengan mempertimbangkan kondisi di lapangan nanti, petugas pun telah menyiapkan pengalihan arus lalu lintas secara situasional. Secara normatif polisi melihat situasional untuk pengalihan arus lalu lintas.

 

Untuk menjaga kelancaran dan kondusivitas kegiatan aksi unjuk rasa, petugas telah menyiapkan sebanyak 6.612 personel gabungan TNI/Polri dan Pemprov DKI. Pengawalan dilakukan agar proses penyampaikan pendapat, lancar adanya.

 

Seperti diketahui Koordinator Presidium Aliansi Aksi Sejuta Buruh (AASB) sekaligus Ketua Umum DPP KSPSI, Jumhur Hidayat menjelaskan rencana aksi buruh 10 Agustus yang digagas kelompoknya, tidak ada kaitan dengan seruan pengamat politik Rocky Gerung.

 

"Iya sudah direncanakan. Tidak ada hubungan sama Rocky. Rocky itu memberikan semangat justifikasi, enggak ada hubungan," kata Jumhur Hidayat. ***