EmitenNews.com - Luar biasa. Bermain dengan 10 pemain, Timnas Indonesia berhasil melaju ke babak final ajang Sea Games 2023, setelah mengalahkan tim Vietnam, 3-2 atas Vietnam. Tim Garuda menunjukkan keperkasaannya dalam liga semifinal di Olympic Stadium Pnhom Penh, Sabtu (13/5/2033), pukul 17.00 WITA.

 

Tim Indonesia lebih dahulu mencetak gol di babak pertama, oleh I Komang Putra (9’). Tetapi, dibalas oleh Van Tung (35’). Muhammad Ferrari (53’) kemudian menciptakan gol yang membuat Indonesia unggul 2-1. Tetapi, tercipta gol bunuh diri (79’), yang menyamakan kedudukan 2-2. Untungnya, Muhammad Taufany (90+8) menjebol gawang Vietnam pada babak perpanjangan waktu pertama, 3-2 untuk timnas Indonesia.

 

Sejak awal pertandingan, kedua tim bermain dengan intensitas cukup tinggi, dengan memainkan variasi serangan masing-masing. Bagusnya, Indonesia unggul terlebih dahulu atas Vietnam melalui gol I Komang Putra. Sang pemain bertahan ini memanfaatkan lemparan jarak jauh dari Pratama Arhan, 1-0.

 

Setelah tertinggal satu gol, Vietnam meningkatkan intensitas permainannya dengan bermain lebih terbuka, dan menekan pertahanan Indonesia. Tetapi, beberapa kali tim lawan gagal menembus lini pertahanan Timnas Indonesia yang dikawal Rizky Ridho dan I Komang Putra.

 

Unggul lebih dahulu, Indonesia terus berupaya mempertahankan tempo permainan. Sayangnya, Vietnam mampu memanfaatkan kelengahan lini pertahanan Indonesia dan berhasil menyamakan kedudukan. Pada menit ke-35, Vietnam berhasil menyamakan skor lewat Van Tung Nguyen.

 

Sebelumnya, tim Vietnam membangun serangan, dan sukses memberikan umpan langsung dalam kotak pinalti Indonesia. Van Tung Nguyen yang mendapat penjagaan dari Rizky Ridho terus bergerak. Tetapi, Rizky Ridho yang berada di belakang Van Tung Nguyenkurang melakukan tekanan sampai akhirnya skor berubah 1-1.

 

Terlihat pada menit ke-45+3 pemain Indonesia terpancing emosi usai pemain Vietnam melakukan provokasi. Semua berawal dari pelanggaran Komang Teguh terhadap pemain Vietnam. Pemain Vietnam, Vo Minh Trong mencoba mendorong Komang.

 

Nah, tindakan Von Minh Trong itu memancing emosi Alfeandra Dewangga, yang membuat wasit memberikan kartu kuning untuknya. Babak pertama berakhir dengan skor 1-1 antara Indonesia-Vietnam.

 

Memasuki babak kedua, Vietnam tampil lebih dominan dan menguasai jalannya pertandingan. Indonesia hanya mengandalkan serangan balik, meski terlihat beberapa kali berhasil menciptakan peluang.