EmitenNews.com - Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mengatakan Kota Cilegon menjadi penyumbang investasi cukup besar di Provinsi Banten. Ia menyebut nilai investasi di Kota Cilegon, Banten pada tahun 2023 ini sudah mencapai Rp28,15 triliun, dua kali lipat dari target awal sebesar Rp13 triliun.


Nilai investasi tersebut mencakup investasi dari sebanyak 332 perusahaan yang terdiri dari 121 penanaman modal asing (PMA) dan 211 penanaman modal dalam negeri (PMDN).


"Maka dari itu mari kita tingkatkan pembangunan di segala bidang. Sehingga dampak investasi ini benar-benar bisa dirasakan oleh masyarakat sekitar baik dalam aspek kesehatan, pendidikan dan lainnya," katanya pula.


Sementara itu Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) mencatat nilai investasi di daerahnya mencapai Rp12 triliun, atau melampaui target tahun 2023 senilai Rp9 triliun.


Kepala DPMPTSP Kabupaten Bogor Irwan Purnawan di Cibinong, Bogor, Selasa, mengungkapkan Rp12 triliun merupakan angka investasi di Kabupaten Bogor terhitung hingga September 2023.


Angka tersebut menempatkan Kabupaten Bogor di peringkat ketiga tertinggi realisasi investasi di Provinsi Jawa Barat. Peringkat pertama Kabupaten Bekasi dengan total investasi masuk Rp41,5 triliun dan kedua, Kabupaten Karawang Rp35,1 triliun.


"Realisasi investasi bisa meningkat. Karena data terakhir itu baru sampai triwulan III atau September 2023. Nanti akan direkapitulasi lagi pada akhir triwulan IV," kata Irwan.(*)