EmitenNews.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpeluang melanjutkan penguatannya dan menguji level psikologis 7000 di perdagangan Selasa (15/3) ini.


Analis Phintraco Sekuritas, Valdy Kurniawan, menyebut antisipasi pelaku pasar terhadap data Neraca Perdagangan Indonesia (NPI) Februari Selasa ini dan rilis Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI hari Kamis (17/3) lusa menjadi katalis positif menguatnya IHSG.


"Neraca perdagangan diperkirakan kembali surplus seiring lonjakan harga komoditas di Februari 2022. Hal ini menjadi salah satu sentimen positif bagi IHSG," katanya.


Terkait dengan itu saham-saham bank, diantaranya ARTO, BBCA, BBNI, BBRI, BMRI menurut Valdy dapat diperhatikan pada perdagangan hari ini, disamping BNGA, BJBR dan BJTM. Saham lain yang dapat diperhatikan di antaranya MNCN, SIDO, TLKM, dan BUJA.


Katalis positif bagi saham-saham perbankan berasal dari antisipasi hasil FOMC pada Rabu (16/3) waktu setempat. The Fed diperkirakan mengumumkan kenaikan suku bunga acuan dalam kesempatan tersebut.


"Akan tetapi pasar memperkirakan hanya ada 3 (tiga) kali kenaikan the Fed Rate di 2022. Di akhir tahun 2021 lalu menguat perkiraan kenaikan the Fed Rate hingga 5 (lima) kali di 2022," kata Valdy.(fj)