EmitenNews.com - Humpuss Maritim Internasional (HUMI) menambah satu unit armada kapal tanker untuk pertumbuhan  berkelanjutan. Pengadaan satu kapal tanker itu, realisasi rencana pengembangan usaha PT PCS Internasional (PCSI), salah satu anak usaha perseroan yang telah dicanangkan untuk 2024. 

”Kapal oil/chemical tanker bernama MT Mutiara Global, dibangun pada 2002 dengan DWT 7,971.56 ton, untuk memenuhi kebutuhan kapal Small II - White Oil makin meningkat," tutur Tirta Hidayat, Direktur Humpuss Maritim. 

Sebelumnya, kebutuhan kapal Small II - White Oil dipenuhi dengan penyewaan MT Griya Ternate dilengkapi tangki stainless. Nah, kehadiran MT Mutiara Global, PCSI dapat mengoptimalkan penggunaan MT Griya Ternate untuk keperluan transportasi produk petrochemical seperti caustic soda, methanol, dan lain-lain. 

Kondisi itu, diharap dapat meningkatkan efisiensi operasional, dan memaksimalkan potensi bisnis sektor petrochemical. ”Bisnis angkutan minyak dan kimia masih menjadi salah satu kontributor utama pendapatan perusahaan tahun lalu, yaitu masing-masing USD20,57 juta, dan USD14,42 juta,” ucapnya. 

Kenaikan pendapatan sektor angkutan minyak dan kimia didukung perolehan kontrak baru, penambahan kapal dan optimalisasi utilisasi kapal lebih baik dibanding edisi 2022. Penambahan kapal tug boat dengan fungsi tug assists berperan sangat vital dalam penarikan, dan pendorongan kapal-kapal besar di pelabuhan. 

Tug boat membantu dalam navigasi kapal besar memiliki keterbatasan manuver, terutama di area sempit atau sibuk seperti pelabuhan. Dengan adanya tug boat, risiko kecelakaan kapal dapat diminimalisir dan proses sandar-menyandar menjadi lebih aman dan cepat. 

Diharapkan dengan penambahan kapal itu, selain memperkuat posisi HTC sebagai salah satu pemain utama dalam sektor ini, juga akan membawa dampak positif bagi pertumbuhan pendapatan Humpuss Maritim. (*)