EmitenNews.com - Trisula International (TRIS) menggenjot kemampuan guna memenuhi pesanan khusus alias customized order. Itu dilakukan guna mendongkrak angka penjualan sepanjang 2024. Langkah strategis akan dilakukan melalui Trisula Grup.

Produk custom perseroan tidak diproduksi secara massal, artinya khusus dibuat untuk pelanggan melakukan pesanan. Trisula melayani pesanan secara fleksibel, baik dalam jumlah kecil maupun besar. Untuk melayani custom order itu, perseroan bekerja sama dengan tim desainer ahli di bidang masing-masing, sesuai kebutuhan permintaan para pelanggan, meski dalam tingkat kesulitan tertentu. 

“Konsumen masa kini lebih menghargai produk-produk bisa dipersonalisasi. Perseroan memiliki kemampuan, dan pengalaman untuk memenuhi permintaan tersebut. Oleh sebab itu, customized order adalah salah satu keunggulan kami,” tutur Wijaya Djohan, Direktur Utama Trisula International. 

Pergeseran preferensi pembeli ke arah produk pesanan khusus juga diutarakan Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki. Pada acara JakCloth Juni lalu, Teten mengatakan ada peluang besar bagi pelaku usaha untuk menguasai pasar sektor fashion. Tren fashion saat ini tidak lagi berkiblat pada produksi massal atau skala pabrik, tetapi mengarah pada custom fashion sesuai pesanan konsumen. 

Trisula memanfaatkan peluang tersebut untuk memenuhi kebutuhan pasar, dan pelanggan. Oleh sebab itu, tahun ini perseroan menetapkan target penjualan double digit yaitu sekitar 10 persen. Selain itu, Trisula juga akan meningkatkan cakupan ekspor seiring pertumbuhan positif industri tekstil, dan pakaian jadi.

Per kuartal pertama 2024, terjadi peningkatan volume ekspor 7,34 persen untuk produk tekstil, dan 3,08 persen untuk pakaian jadi. Selain melayani custom order, strategi Trisula tahun ini juga memperkuat eksistensi dengan ekspansi outlet retail JOBB, dan Jack Nicklaus melalui anak usaha yaitu Trisula Textile Industries (BELL). 

Trisula selama ini sudah melayani berbagai brand ternama seperti Puma, Munsingwear, Raymond, GoldenBear, dan lainnya untuk pakaian sport, dan casual. Pelanggan perseroan untuk pakaian formal, dan korporasi antara lain BNI, Cambridge, dan Michael Kors. Di samping itu, perusahaan juga melayani pembuatan seragam penerbangan untuk berbagai maskapai ternama seperti Fly Emirates, Delta Airlines, Air Asia, dan Singapore Airlines. (*)