EmitenNews.com - Bank Raya, bank digital bagian dari BRI Group, mendapatkan penghargaan dari IDX Channel untuk kategori Khusus pada Sektor Keuangan dan Investasi.  Penghargaan ini diberikan kepada Bank Raya sebagai perusahaan yang mampu berinovasi dalam implementasi ESG di perusahaan, serta memiliki keselarasan tujuan CSR dengan dampak sosial dan nilai tambah yang diberikan kepada masyarakat. 

Bank Raya menerima apresiasi karena program cluster unggulan Bank Raya dinilai mampu memberikan dampak positif pada pertumbuhan para pelaku usaha di sekitar Wilayah Operasional Bank Raya.

Melalui program CSR cluster unggulan, Bank Raya memberikan bantuan prasarana untuk membantu peningkatan penjualan para pelaku usaha, seperti Komunitas pedagang kuliner di Alun-alun Kota Batu Malang, Komunitas Kuliner Keprabon Surakarta, dan yang terbaru dengan Komunitas Pujasera Hayamwuruk Pleburan Semarang. 

Ida Bagus Ketut Subagia selaku Direktur Utama Bank Raya mengatakan, “Penghargaan ini menjadi pemacu semangat agar kami dapat terus memberikan dampak sosial dan nilai tambah bagi masyarakat melalui pemanfaatan bank digital untuk transaksi perbankan sehari-hari. Implementasi ESG salah satunya kami wujudkan dengan inisiatif CSR yang memiliki dampak sosial bagi masyarakat. Melalui Cluster Unggulan, kami turut mengambil peran dalam pemberdayaan ekonomi, dengan membuka akses dan peluang bagi para pelaku usaha agar dapat bertumbuh melalui konsep komunitas. Hingga bulan Mei 2024, sejumlah 120 Pelaku Usaha telah menerima CSR yang telah diberikan oleh Bank Raya”

Melalui Cluster Unggulan, Community Branch Bank Raya melakukan pendampingan usaha pada para pelaku usaha di dalam cluster tersebut, serta memperkenalkan kemudahan-kemudahan produk dan fitur Bank Raya yang relevan untuk membantu pertumbuhan usaha mereka seperti misalnya QRIS Bisnis, yang menawarkan aksesibilitas yang mudah bagi UMKM/pelaku usaha. 

UMKM dapat menerima pembayaran dari berbagai jenis e-wallet dan layanan perbankan mobile serta memudahkan proses pembayaran bagi pelanggan. Disamping itu juga, Saku Bisnis untuk membantu operasional usaha mereka sehari-hari. Sehingga para pelaku usaha dapat memisahkan antara tabungan personal dan tabungan bisnis mereka. 

 

Bagus menambahkan, “Kedepannya kami juga akan membidik berbagai komunitas, tidak hanya pelaku usaha. Sehingga dapat mendukung pengembangan produk dan fitur kami yang diperuntukkan bagi kebutuhan transaksi perbankan komunitas sehari-hari.”

Sebagai perwujudan komitmen ESG, Bank Raya membangun ekosistem bisnis yang memperhatikan aspek sosial dan lingkungan bersama dengan dengan ekosistem BRI Group untuk membantu nasabah dalam pengembangan bisnisnya. 

Bank Raya terus menekankan pada komitmen untuk mengurangi emisi operasional serta mendukung adanya inovasi produk yang dapat membantu mengurangi dampak lingkungan yang selaras dengan prinsip green banking. Sehingga, Bank Raya berkomitmen untuk terus mengembangkan produk digital yang mendukung pembiayaan pada segmen mikro dan kecil berbasis Sustainability Green Economy.

“Sebagai bagian dari komitmen kami untuk mendorong percepatan penetrasi perbankan digital di masyarakat, Bank Raya akan terus membidik potensi cluster-cluster unggulan di berbagai kota lainnya, agar semakin banyak pelaku usaha yang cakap digital dan membantu pertumbuhan usaha mereka agar lebih relevan dengan kebutuhan customer mereka.” Tutup Bagus.