EmitenNews.com – Era pemulihan ekonomi nasional mendorong seluruh pihak untuk dapat menciptakan peluang dalam berbagai sektor perekonomian, termasuk sektor UMKM. Sebagai bagian dari perbankan nasional, PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) berkomitmen memberikan nilai tambah dengan berbagai program yang relevan. 

 

Untuk mendukung kemajuan UMKM Indonesia, BCA kembali menyelenggarakan event BCA UMKM Fest 2022, dimana salah satu rangkaian acaranya adalah webinar dengan tema pokok “Elevate UMKM to the next level” yang terdiri dari 4 series.

 

Series yang pertama mengenai Dukungan Pembiayaan Perbankan untuk Pengembangan Bisnis UMKM, dengan topik bahasan mengenai cara UMKM mendapatkan pembiayaan dari bank untuk ekspansi bisnis. Series yang kedua mengenai Aspek Legalitas dan Perpajakan bagi UMKM, dengan topik pembahasan seputar Regulasi, Aspek Legalitas, dan Ketentuan Perpajakan yang perlu diperhatikan pelaku UMKM.

 

Webinar series ketiga bertajuk “Optimalisasi Operasional Bisnis dan Melihat Peluang Pasar Global”, dengan topik bahasan mengenai Supply Chain, cara menembus Pasar Global, dan Solusi Cash Management untuk operasional bisnis UMKM, yang diadakan pada Selasa (30/08), dihadiri oleh Direktur BCA Antonius Widodo Mulyono, EVP Cash Management BCA Rusdianti Salim, SVP Cash Management BCA Irwan Prabawa, Ketua Dewan Pakar Asosiasi Logistik Indonesia Dr. Nofrisel SE, MM, CLSP, ESLog, CEO & Founder Komunitas Bisa Ekspor Julio Ekspor, dan salah satu pelaku UMKM, Owner Rendang Katuju Ade Surianto, serta lebih dari 1200 partisipan dari nasabah BCA yang mengikuti melalui Zoom dan Youtube live.

 

“BCA menyediakan berbagai solusi maupun program guna mendukung kemajuan UMKM Indonesia. Pada kesempatan kali ini, BCA mengajak UMKM untuk memahami peluang serta mengatasi tantangan bisnis  melalui webinar inspiratif yang membahas mengenai pentingnya pelaksanaan operasional bisnis yang efektif untuk mencapai outcome bisnis yang optimal, serta melihat peluang ekspansi ke pasar global dimana dengan era keterbukaan informasi seperti saat ini, peluang para pelaku UMKM tentunya menjadi lebih terbuka,” ujar Antonius.

 

Para peserta webinar mendapatkan materi yang bermanfaat untuk pengembangan bisnis dalam aspek operasional dan peluang ekspansi serta supply chain management bisnis UMKM dan strategi mengatur penyediaan barang atau jasa untuk kebutuhan bisnis. Agar dapat semakin memacu semangat pelaku UMKM melakukan ekspansi, disampaikan juga materi strategi cara UMKM lokal menembus pasar global dan success story UMKM menembus pasar global. 

 

Tidak hanya itu, BCA juga menyediakan berbagai solusi kemudahan bagi nasabah bisnis melalui layanan Cash Management untuk mendukung pengelolaan arus kas serta transaksi operasional bisnis UMKM, yang mencakup System Pembayaran serta Pengelolaan Tagihan dan Rekosiliasi Rekening Bank melalui fasilitas Virtual Account, Business Debit Card, Payroll, dan fasilitas-fasilitas lainnya. Melalui Payroll BCA, pembayaran gaji karyawan menjadi lebih mudah, akurat, dan tepat waktu. BCA juga menghadirkan berbagai program benefit yang dapat dinikmati oleh nasabah pemberi payroll maupun karyawan penerima payroll.

 

Sebagai informasi, selain webinar series di atas, UMKM Fest 2022 juga menghadirkan para pelaku UMKM yang tergabung dalam gerakan #BanggaLokal, guna memberikan ruang untuk para pelaku UMKM mengembangkan bisnisnya. 

 

Program #BanggaLokal telah menghimpun ratusan merchant yang terdiri dari merchant kesehatan & kecantikan, fashion, makanan & minuman serta hobi & aktivitas. Pada Aspek Pembiayaan, BCA membuktikan komitmen yang kuat untuk UMKM dengan menyalurkan kredit kepada UMKM sebesar Rp94,2 triliun, atau tumbuh hingga 19,6% secara tahunan (year on year/YoY) hingga Juni 2022. Dalam mendukung bisnis UMKM, BCA juga senantiasa konsisten mengedepankan produk lokal dan prinsip environmental, social, and governance (ESG).