EmitenNews.com - Keberhasilan tim Indonesia mempertahankan prestasi dalam SEA Games 2023, tidak bisa dilepaskan dari dukungan pemerintah. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan telah menggelontorkan Rp852,2 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk kontingen Indonesia pada perhelatan SEA Games 2023.

 

Melalui akun Instagram resmi @smindrawati, Rabu (17/5/2023), Menkeu Sri Mulyani Indrawati menyebut APBN dikucurkan melalui DIP Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora).

 

Anggaran Rp852,2 miliar itu terdiri atas Rp522 miliar untuk pembinaan atlet-atlet sebelum berlaga di multi-event internasional, Rp55,2 miliar untuk bantuan pengiriman kontingen menuju Kamboja, dan Rp275 miliar untuk pemberian bonus bagi peraih medali (atlet/pelatih/asisten pelatih).

 

"Saya pastikan, APBN #UangKita akan terus hadir untuk mendukung sektor olahraga Indonesia," tulis Sri Mulyani Indrawati.

 

Sri Mulyani mengucapkan selamat kepada Timnas Indonesia U-22 yang berhasil memenangkan final sepak bola, Selasa (16/5/2023) malam, dengan menumbangkan Thailand, 5-2. Dengan kemenangan tim asuhan Coach Indra Sjafri itu, mengantarkan Indonesia kepada medali emas SEA Games setelah penantian 32 tahun.

 

Dalam penilaian Sri Mulyani performa tim Indonesia di SEA Games ke-32 kali ini sangat membanggakan, sehingga RI bisa menjadi juara umum di beberapa cabang olahraga. Juara umum tersebut di antaranya pada pencak silat, wushu, balap sepeda, tenis, e-sports, angkat besi, dan badminton. 

 

Beberapa cabang olahraga juga menorehkan catatan yang luar biasa. Mulai tim voli putra yang meraih hattrick emas pada 3 SEA Games berturut-turut hingga basket putri yang berhasil meraih medali emas pertamanya.

 

"Selain itu, saya ucapkan selamat dan rasa hormat setinggi-tingginya bagi seluruh kontingen yang telah mengharumkan nama bangsa," kata Sri Mulyani.

 

Dalam ajang SEA Games 2023 di Kamboja itu, Indonesia meraih total 87 medali emas, 80 medali perak, dan 109 medali perunggu. Dengan keberhasilan itu, Indonesia berhasil menduduki posisi ketiga, seperti prestasi SEA Games sebelumnya. ***