EmitenNews.com - PT Global Digital Niaga Tbk (BELI), emiten Grup Djarum yang menaungi platform e-commerce Blibli.com, akan melakukan penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD) atau private placement dengan menerbitkan 4,9 miliar lembar saham baru.

Jumlah saham yang akan diterbitkan setara dengan 4,14% dari modal ditempatkan dan disetor penuh, dengan nilai nominal Rp250 per saham. Aksi korporasi ini telah mendapat persetujuan dari Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB).

Hartono Bersaudara yang merupakan pemilik grup Djarum diketahui menjadi pihak yang mengambil bagian saham private placement BELI, dengan dana sebesar Rp2,25 triliun.

Seluruh saham baru tersebut akan diambil bagian oleh PT Lingkarmulia Indah, yang merupakan pihak terafiliasi perseroan," tulis manajemen, Selasa (15/10/2024).  

Sebagai informasi, Lingkarmulia Indah merupakan perusahaan terafiliasi yang dimiliki duo Hartono. Sebesar 51% saham Lingkarmulia Indah dimiliki oleh Robert Budi Hartono, dan sebesar 49% oleh Bambang Hartono.

Lingkarmulia Indah memiliki sejumlah 89,61% saham pada PT Global Digital Prima (GDPr). Sementara itu, GDPr tercatat sebagai pemilik 99,99% saham di PT Global Investama Andalan yang merupakan pengendali BELI. 

 

Adapun jadwal pelaksanaan PMTHMETD sebagai berikut: 

Pembayaran pembelian saham tambahan dan distribusi saham tambahan : 22 Oktober 2024; 

Pencatatan saham tambahan di Bursa Efek Indonesia : 23 Oktober 2024;

Pemberitahuan hasil pelaksanaan PMTHMETD : 24 Oktober 2024.