EmitenNews.com - PT Catur Sentosa Adiprana (CSAP) membuka tahun 2022 dengan ekspansi Mitra10 ke-43 berlokasi di Riau, Pekanbaru. Perseroan optimistis pertumbuhan ekonomi khususnya properti makin membaik. Oleh karena itu, perseroan berencana membuka 3-4 Mitra10 baru.


Catur Sentosa optimistis pertumbuhan ekonomi akan makin meningkat sepanjang 2022, dan melanjutkan rencana ekspansi agresif. Terlebih aktivitas masyarakat kian aktif untuk mendorong laju pertumbuhan sejak membaiknya penanganan pandemi.


Kondisi itu, ditambah dengan pemerataan vaksinasi Covid-19 di Indonesia. ”Kami optimistis melakoni kinerja sepanjang 2022,” tutur Idrus Widjajakusuma, Corporate Secretary PT Catur Sentosa Adiprana, Jumat (21/1).


Catur Sentosa melakukan ekspansi agresif untuk meningkatkan pendapatan, dan margin keuntungan. Sekaligus menguasai pangsa pasar. Dan, strategi tersebut membuahkan hasil positif. Berdasar hasil pantauan management secara In-House (audit tahunan sedang berjalan), capaian target penjualan year to date (YTD) 2021 diestimasi 100 persen atau tumbuh hampir 13 persen dibanding penjualan 2020. 


Pencapaian penjualan 2021 tercatat Rp14,3 triliun (In house). Kinerja penjualan, dan pendapatan usaha bersumber dari segmen distribusi berkontribusi 65 persen, dan ritel modern berkontribusi 35 persen. Tahun lalu, ?aba bersih dapat diatribusikan kepada entitas induk diprediksi tumbuh 105 persen atau Rp186 miliar dari periode 2020 tercatat Rp90 miliar. Marjin laba bersih tumbuh dari 0,7 persen menjadi 1,3 persen, sedang marjin laba kotor tumbuh dari 15,6 persen menjadi 16 persen periode 2021. 


Sementara itu, Erick Koswara, General Manager Marketing Communication Mitra10 menjelaskan pembukaan toko Mitra10 di berbagai kota di Indonesia merupakan komitmen berkelanjutan PT Catur Mitra Sejati Sentosa untuk hadir lebih dekat. Sekaligus menjadi mitra masyarakat dalam membangun rumah. 


Menyusul pembukaan Mitra10 Pekanbaru, saat ini Catur Mitra telah memiliki 43 toko pada 25 kota Indonesia. ”Kami berharap, Mitra10 Pekanbaru menjadi destinasi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan berbelanja bahan bangunan, dan perlengkapan rumah,” tegas Koswara.


Mitra10 Pekanbaru menempati area lahan seluas 1,78 hekare (ha) dengan luas bangunan 9.200 meter persegi (m2). Termasuk selling area seluas 9.200 m2 menampilkan 25 ribu stock keeping unit alias SKU per item barang terbagi 13 kategori. Mitra10 memberi perhatian lebih atas tata letak produk diatur secara menarik, penyediaan katalog produk informatif, penawaran harga dengan garansi harga kompetitif.


Slogan Murah, Lengkap, dan Nyaman, panduan Mitra10 dalam melayani, dan memenuhi kebutuhan semua pelanggan. Untuk mendukung kenyamanan, dan ketersediaan barang, Mitra10 Pekanbaru memiliki area gudang seluas 3.100 m2, dan area parkir luas dan aman. Setidaknya 600 supplier memasok superstore dengan 80 persen barang produk lokal. 


Catur Sentosa pada Mitra10 Pekanbaru juga membuka gerai ke-16 Atria, dikelola Catur Sentosa Berhasil (CSB). Atria dikembangkan dengan konsep Shop in Shop. Di mana, gerai-gerai Atria berada dalam kawasan Superstore Mitra10. Konsep itu, memudahkan konsumen dalam berbelanja. Pasalnya, seluruh kebutuhan rumah, terutama furniture dan aksesoris rumah bisa didapat di Atria.


Saat ini, Mitra10 telah menyambangi kota-kota besar Indonesia. Meliputi Jabotabek, Cikarang, Karawang, Cirebon, Yogyakarta, Solo, Sidoarjo, Semarang, Tegal Surabaya, Malang, Denpasar, Lampung, Palembang, Batam, Medan, Pekanbaru, Makassar, Balikpapan, dan Banjarmasin. (*)