EmitenNews.com - PT Roket Cipta Sentosa (RCS), anak perusahaan PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTK), telah menyelesaikan akuisisi 51% saham PT Cardig Aero Services Tbk. (CASS). Akuisisi ini rampung pada 25 April 2024.

Corporate Secretary EMTK,Titi Maria Rusli,  menjelaskan, akuisisi tersebut melibatkan pengambilan alih 1.064.344.500 saham CASS dari PT Cardig Asset Management, PT Dinamika Raya Swarna, dan Cemerlang Pte Ltd, dengan total nilai Rp872,76 miliar. Proses akuisisi dilakukan melalui crossing di pasar negosiasi Bursa Efek Indonesia.

Akibat dari penyelesaian transaksi ini, terjadi perubahan pengendalian langsung di CASS, yang kemudian mengakibatkan perubahan pengendalian tidak langsung di PT Jasa Angkasa Semesta Tbk. (PT JASS). Dari perspektif keuangan, transaksi ini akan mengurangi saldo kas EMTK sebesar nilai pembelian saham ditambah dengan arus kas keluar untuk membeli setiap saham yang dijual dalam penawaran tender wajib PT CASS dan PT JASS.

RCS merupakan anak perusahaan EMTK dengan kepemilikan saham sebesar 99%. Titi menjelaskan bahwa transaksi ini akan meningkatkan saldo investasi jangka panjang EMTK, meskipun kondisi keuangan dalam hal jumlah aset tidak mengalami perubahan signifikan akibat penyelesaian pembelian saham. Transaksi ini dilaksanakan sesuai dengan regulasi OJK dalam POJK No. 9/POJK.04/2018.

Kesepakatan ini menunjukkan langkah strategis EMTK dalam memperkuat bisnisnya di industri jasa layanan bandara dan logistik, yang diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi para pemegang saham.