EmitenNews.com -Sebuah program kolaborasi PT. Data Sinergitama Jaya Tbk (ELIT) atau lebih familiar dengan nama Elitery bersama Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) dan Amazon Web Service (AWS) turut berpartisipasi dalam Acara Pembukaan Tahap Persiapan Bersama (TPB) 2023 di Universitas Padjadjaran (UNPAD) pada pekan lalu di Universitas Padjadjaran, Bandung.


Acara ini digelar di gedung Bale Sawala UNPAD secara hybrid, dengan dihadiri 220 mahasiswa secara langsung dan lebih dari 2.600 mahasiswa lainnya bergabung melalui platform daring Zoom dan siaran langsung di YouTube UNPAD. Pendekatan ini dirancang untuk memberikan kesempatan maksimal bagi partisipasi mahasiswa, baik yang berada di kampus maupun yang mengikuti acara secara online.


TALENTA secara aktif mendukung upaya universitas dalam menginisiasi Gerakan Literasi Informasi dan Digital. Gerakan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai teknologi cloud computing kepada mahasiswa, sekaligus membuka wawasan tentang pemanfaatan teknologi serta kesempatan kerja di bidang cloud computing ini.


TPB UNPAD 2023 adalah program Tahapan Persiapan Bersama untuk 6.200 mahasiswa baru UNPAD. Dalam acara ini, TALENTA berkesempatan untuk bekerjasama dengan UNPAD dimana mahasiswa wajib menyelesaikan pelatihan "Introduction to Cloud 101" di AWS Educate. 


Tak luput juga dalam pembukaan, sambutan oleh Bapak M. Mispan Indarjo dari USAID, lalu dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Kurniawan Wiraatmadja, Senior Partner Account Manager dari Amazon Web Services (AWS), dan ditutup oleh paparan singkat mengenai TALENTA dari Bapak Ahmad Gilang, Project Director TALENTA yang mewakili Elitery.


Acara TPB UNPAD ini menjadi wadah untuk memperkenalkan program TALENTA kepada mahasiswa UNPAD. TALENTA hadir dengan semangat kolaboratif, mempersembahkan sebuah program yang merupakan hasil kerjasama antara USAID, AWS (Amazon Web Services), dan Elitery. Program ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pelatihan tentang cloud computing kepada para mahasiswa.


AWS Educate merupakan inisiatif pendidikan yang dirancang untuk mendukung pemahaman dan penggunaan layanan cloud AWS. Dalam setiap sesi nya, mahasiswa memperoleh pemahaman yang sangat penting tentang konsep dasar cloud computing, sebuah kompetensi yang sangat berharga dalam industri teknologi digital yang senantiasa berkembang. 


Selain menyelenggarakan presentasi tentang program dan materi tentang cloud computing, acara ini menampilkan kegiatan interaktif yang memperkaya pengalaman para mahasiswa. TALENTA mendirikan booth yang memungkinkan para mahasiswa untuk berinteraksi langsung, mengajukan pertanyaan, dan mendapatkan informasi lebih lanjut tentang inisiatif ini. Selain itu, TALENTA menggelar Games Challenge IG Stories yang mengundang para mahasiswa untuk berpartisipasi dan memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk memenangkan hadiah-hadiah menarik sebagai bentuk apresiasi atas partisipasi mereka. 


Dengan semangat inovasi dan kolaborasi yang menjadi pedoman dalam Parade Pembukaan TPB 2023 ini, TALENTA terus berkomitmen untuk mendukung pengembangan pengetahuan tentang cloud computing di kalangan mahasiswa UNPAD. Melalui inisiatif ini, TALENTA bertujuan untuk memberikan kontribusi yang berarti dalam membentuk generasi yang siap menghadapi tantangan di era teknologi informasi yang terus berkembang.