EmitenNews.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sepanjang perdagangan hari ini, Rabu (7/4) diprediksi bergerak mix cenderung menguat. Pada jangka menengah, Indeks akan mencoba menguji level support 5.890, dan resistance 6.122. 


Robertus Hardy, Head of Research Henan Putihrai Sekuritas menyebut sentimen positif dapat mempengaruhi gerak indeks antara lain rencana pembagian dividen sejumlah emiten. Misalnya, Indo Tambangraya Megah (ITMG), PT Bukit Asam (PTBA), dan Sido Muncul (SIDO).


Selain itu, perluasan vaksinasi Covid-19 melalui jalur gotong royong. Meski harus diakui masih ada ancaman sentimen negatif dari rencana demo buruh pada Senin (12/4) depan. Perpanjangan dan perluasan wilayah cakupan PPKM dikhawatirkan dapat menurunkan pertumbuhan ekonomi sejumlah daerah. 


Sementara sentimen pasar global, Presiden The Fed Cleveland menyatakan kenaikan yield obligasi treasury adalah sesuatu yang wajar sebagai dampak pertumbuhan ekonomi dan inflasi. Namun, tidak mendesak lembaga untuk mengambil tindakan tertentu.


Beberapa saham dapat dicermati untuk dapat dilakukan strategi speculative buy antara lain: PT PP (PTPP) berpeluang menguji resistance Rp1.450-1490 selama masih bisa bertahan di atas support Rp1.200. Lalu, PTBA berpeluang menguji resistance Rp2.650-2.760 selama masih bisa bertahan di atas support Rp2.440-2.400.


Berikutnya, BRMS berpeluang menguji resistance Rp81-86 selama masih bisa bertahan di atas support Rp69. Selanjutnya, MDKA berpeluang menguji resistance Rp2.430 selama masih bisa bertahan di atas support Rp2.130. (*)