EmitenNews.com - PT Energia Prima Nusantara (EPN), anak usaha dari PT United Tractors Tbk (UT) yang merupakan grup Astra , menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) untuk proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) atap. 

Kerja sama ini merupakan langkah penting dalam ekspansi energi terbarukan serta upaya signifikan untuk pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan. Penandatanganan kerja sama ini dilakukan di kantor pusat ADM, Jakarta.

Proyek PLTS atap ini menunjukkan kepercayaan besar yang diberikan oleh ADM kepada EPN. Terdapat tiga fase dalam pemasangan PLTS atap ini. Pada fase pertama, akan dipasang dengan kapasitas 63 kWp. Fase kedua akan menambah kapasitas 1,2 MWp, dan fase ketiga dengan kapasitas 3,2 MWp. 

Total kapasitas dari proyek ekspansi PLTS atap yang dijalankan oleh EPN dan ADM ini adalah 8,1 MWp. Proyek ini diperkirakan dapat menghasilkan 10 GWh energi listrik per tahun dan mengurangi emisi karbon sekitar 8.500 ton CO2 per tahun, setara dengan menanam 300.000 pohon.

Melalui kerja sama ini, diharapkan dapat meningkatkan sinergi dan kolaborasi positif antar industri, khususnya sektor otomotif. Selain itu, proyek ini juga bertujuan untuk mewujudkan masa depan Indonesia yang lebih baik dengan meningkatkan pasokan sumber Energi Baru Terbarukan (EBT).