EmitenNews.com - Entitas Eagle High Plantations (BWPT) meneken transaksi senilai Rp382 miliar. Transaksi afiliasi itu, melibatkan Tandan Sawita Papua (TSP), dan Jaya Mandiri Sukses (JMS). Transaksi tersebut telah ditahbiskan pada 19 September 2024. 

Transaksi itu, berupa pemberian pinjaman senilai Rp382 miliar dari JMS kepada TSP. ”Transaksi itu, merupakan pinjam utang piutang antar-anak usaha perseroan,” tegas Henderi Djunaidi, Direktur Utama Eagle High Plantations. 

Transaksi itu, dilandasi kalau TSP saat ini butuh modal segar untuk mengurangi beban keuangan perusahaan. Nah, pinjaman itu, dapat dikonversi menjadi saham oleh JMS pada entitas anak TSP. Dengan begitu, dapat meningkatkan kinerja keuangan perseroan. 

Transaksi itu, masuk ranch afiliasi. Itu bersebab 7,19 persen alias 99.750 saham TSP dengan nilai nominal Rp1 juta. Lalu, 15,16 persen dikempit oleh JMS atau setara 210.120 lembar saham dengan nilai nominal Rp1 juta. 

Sementara itu, 95 persen dengan nilai nominal Rp500 ribu atau 817 ribu saham JMS dimiliki oleh perseroan. Dalam transaksi itu, perseroan memperoleh uang muka setoran modal dari pengendali perusahaan terbuka. Perusahaan terkendali dari perseroan mendapat pinjaman dari pengendali perusahaan terbuka. (*)