EmitenNews.com - PT Biomassa Lestari Nusantara (BLN), perusahaan patungan antara PT Dharma Energi Investama, anak usaha PT Dharma Satya Nusantara Tbk (DSNG), dan PT Sumitomo Forestry Indonesia, anak usaha Sumitomo Forestry Co.Ltd, telah memulai uji coba operasional pabrik wood pellet pertama mereka di Boyolali, Jawa Tengah.

Direktur Utama DSNG, Andrianto Oetomo, menyatakan bahwa pendirian pabrik wood pellet ini merupakan wujud komitmen perusahaan dalam menerapkan konsep ekonomi sirkular dengan meminimalisir limbah kayu dan mengubahnya menjadi produk yang memiliki nilai tambah. 

"Ini adalah langkah signifikan dalam mendukung pengembangan energi terbarukan di Indonesia," ujarnya dalam keterangan pers pada Jumat (20/9).

Terletak di Desa Ngadirojo, Gladagsari, Boyolali, pabrik ini berdiri di atas lahan seluas 4 hektar dengan kapasitas produksi mencapai 60 ribu ton per tahun. 

Pabrik ini diharapkan dapat mendukung kebutuhan energi berkelanjutan dan meningkatkan perekonomian lokal, karena bahan bakunya sepenuhnya berasal dari masyarakat sekitar.

Toshiro Mitsuyoshi, Presiden Direktur Sumitomo Forestry Co. Ltd, menambahkan bahwa keberadaan pabrik ini akan mengoptimalkan pemanfaatan kayu melalui pendekatan dekarbonisasi yang disebut "wood cycle," yaitu sirkulasi nilai kayu dari sektor kehutanan, manufaktur, hingga konstruksi. 

Menurutnya, pabrik ini tidak hanya mendukung penggunaan kayu secara berkelanjutan, tetapi juga menawarkan solusi energi yang ramah lingkungan.