EmitenNews.com - Entitas PT United Tractors Indonesia (UNTR) yakni PT Energia Prima Nusantara (EPN) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Huawei  terkait kerja sama dalam pengembangan energi terbarukan berbasis tenaga surya di Kalimantan Timur Kamis (25/7).

Direktur Pengembangan Bisnis EPN, Achmad Rizal Roesindrawan dalam siaran persnya JUmat (26/7) menyampaikan bahwa kerja sama yang terjalin dengan Huawei Indonesia ini menjadi milestone bagi EPN dalam mengintegrasikan teknologi canggih pada sistem tenaga surya. 

“Kerja sama ini menjadi langkah penting bagi EPN dalam mendukung transisi energi di Indonesia. Kami yakin kolaborasi ini akan memperkuat kapasitas EPN dalam menyediakan solusi energi terbarukan yang efisien dan berkelanjutan. 


Pada kerja sama ini, EPN memberikan layanan kelistrikan yang andal dan Huawei menyediakan layanan digital seperti infrastruktur smart micro grid. Melalui kerja sama ini, EPN akan terus berupaya menjadi Perusahaan yang inovatif dalam melayani kebutuhan industri dan juga menyediakan kebutuhan fundamental bagi masyarakat di sektor lainnya,” ujar Achmad Rizal Roesindrawan.

Pada saat yang bersamaan, EPN bersama dengan Huawei Indonesia dan Asosiasi Jasa Pertambangan Indonesia (ASPINDO) menyelenggarakan seminar nasional Mining Customer Gathering dengan mengusung tema “Hybrid Energy Solution untuk Efisiensi Operasional Pertambangan”.

Tujuan seminar ini untuk memperkenalkan portofolio bisnis EPN serta menyampaikan upaya konsistensi EPN dalam memberikan solusi infrastruktur energi bersih kepada pelanggan. Selain itu juga, sebagai upaya EPN untuk mempererat sinergi dan membuka kolaborasi baru bersama pelanggan terutama di area pertambangan batu bara. Turut hadir pada acara ini mitra kerja dan potensial pelanggan EPN. 


“Kolaborasi ini merupakan sebuah inovasi yang tepat sebagai layanan sumber kelistrikan energi bersih. Diharapkan, EPN dan Huawei Indonesia dengan berbagai terobosan produk dan layanan, dapat semakin meningkatkan kemudahan mendapatkan listrik dari energi surya demi terwujudnya kepuasan pelanggan dan pengurangan emisi gas karbon di lingkungan pertambangan batu bara di Indonesia,” ujar Director of Huawei Indonesia Digital Power Business Department, Jin Song.

EPN akan terus melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk bisa senantiasa memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan energi terbarukan di Indonesia. Hal ini sebagai bentuk upaya EPN dalam mengimplementasikan aspek Environmental, Social, dan Governance (ESG) dan inisiatif keberlanjutan. 

Transformasi bisnis yang dilakukan EPN selama enam tahun terakhir menjadi langkah strategis Perseroan dalam memasuki peluang baru, serta memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan.