EmitenNews.com - Ketua Umum PSSI 2023-2027 Erick Thohir telah melengkapi kepengurusannya. Proses pemilihan Komite Eksekutif alias Exco PSSI telah tuntas. Erick Thohir yang terpilih memimpin organisasi puncak persepakbolaan Tanah Air dalam KLB PSSI 2023, Kamis (16/2/2023) didampingi dua wakil ketua umum, salah satunya Menpora Zainuddin Amali.

 

Sebanyak 12 nama terpilih melengkapi kepengurusan PSSI di bawah Menteri BUMN itu. Proses pemilihan Exco PSSI berjalan dalam dua tahap. Pertama memilih tujuh nama, ditambah lima nama lain pada tahap kedua sehingga tercapai 12 nama.

 

Pada tahap pertama, Eko Setiawan, Endri Eriawan, Juni Rahman, Muhammad, Rudi Yulianto, Sumardji, dan Vivin Cahyani dipastikan terpilih. Menyusul kemudian lima nama berikutnya yakni Pieter Tanuri, Arya Mahendra, Khairul Anwar, Ahmad Riyadh, dan Hasnuryadi.

 

Sebanyak 12 nama itu melengkapi susunan kepengurusan PSSI yang baru di bawah kepemimpinan Erick Thohir, dengan masa periode 2023-2027. Awalnya, Erick terpilih, dengan Wakil Ketua Umum hasil pemungutan suara adalah Ratu Tisha Destria dan Yunus Nusi.

 

Namun kemudian Yunus Nusi memutuskan mundur dari jabatan wakil ketua umum. Itu otomatis menempatkan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali sebagai waketum.

 

Pemilihan waketum sendiri berjalan diwarnai drama, dengan terjadinya pengulangan pemungutan suara dan mundurnya Yunus Nusi. ***

 

Susunan Pengurus PSSI 2023-2027:

Ketua Umum PSSI

Erick Thohir

 

Wakil Ketua Umum