EmitenNews.com - Thailand masih terlalu berat bagi Timnas Indonesia. Squad Garuda takluk 0-4 dari Gajah Perang pada laga leg pertama final Piala AFF 2020, di National Stadium Singapore pada Rabu (29/12/2021) malam WIB. Indonesia seperti susah mengembangkan permainan sehingga pada menit ke-2 sudah kebobolan, 0-1, yang terus bertahan sampai turun minum. Di babak kedua, Tim Merah Putih kemasukan tiga gol, sehingga skor menjadi 0-4 sampai pertandingan berakhir

 

Bintang kemenangan Thailand atas Timnas Indonesia kali ini, kapten Chanathip Songkrasin, yang berhasil mencetak brace alias dua gol pada menit ke-2 dan 52'. Dua gol timnas Thailand lainnya dicetak oleh Supachok Sarachat pada menit ke-67 dan Bordin Phala (83'). Lengkap sudah kekalahan Egy Maulana Vikri.

 

Absennya Pratama Arhan nampak sangat memengaruhi permainan timnas Indonesia. Dua dari tiga gol Thailand berawal dari umpan silang dari sisi kanan, pos yang ditinggal oleh Pratama Arhan. 

 

Terlihat betul, setelah kebobolan dengan gol cepat di menit ke-2, sepanjang pertandingan, timnas Indonesia kesulitan mengembangkan permainan. Terutama karena pressing tinggi yang diterapkan Thailand. Timnas Indonesia tercatat hanya mampu melepaskan satu tembakan tepat sasaran hingga akhir babak kedua. 

 

Sementara itu, Thailand berhasil melepaskan 18 tembakan ke arah gawang setelah mendominasi dengan persentase penguasaan bola mencapai 66 persen. Ini kekalahan pertama timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong di Piala AFF 2020. 

 

Kekalahan kali ini membuat timnas Indonesia harus menumbangkan Thailand dengan margin minimal lima gol pada leg kedua final Piala AFF 2020 untuk menjadi juara. Leg kedua final Piala AFF 2020 akan kembali dihelat di National Stadium Singapore pada Sabtu (1/1/2022). ***