EmitenNews.com - Aneka Tambang alias Antam (ANTM) menuntaskan kegiatan eksplorasi kuartal IV-2023. Aktivitas eksplorasi sepanjang Oktober-Desember 2023 itu, menghabiskan belanja Rp278,03 miliar.

Fokus eksplorasi pada komoditas emas, nikel, dan bauksit. Eksplorasi emas dilakukan di Pongkor, Jawa Barat. Di Pongkor, kegiatan eksplorasi berupa pengeboran bawah tanah (underground drilling), dan pengeboran permukaan (surface drilling). 

Sedang eksplorasi nikel dilakukan di Konawe Utara, dan Pomalaa, Sulawesi Tenggara, dan Tanjung Buli, Maluku Utara. Di Daerah Konawe Utara, kegiatan pemetaan geologi, percontoan core, logging core, pengukuran grid & reeker, pemasangan patok ukur, dan pemboran spasi. Di Pomalaa, kegiatan berupa pemetaan geologi, percontoan core, logging core, pengukuran grid & reukur, pemasangan patok ukur, dan pemboran single tube.

Sedang di daerah Tanjung Buli, kegiatan berupa pemetaan geologi, percontoan core, logging core, percontoan permukaan, pengukuran lintasan grid, pemasangan patok ukur, dan pemboran single tub?. Berikutnya, eksplorasi bauksit dilakukan di daerah Tayan, Mempawah, dan Landak, Kalimantan Barat. Pada deerah itu, dilakukan pesetan geologi, pengukuran grid/polygon, pengukuran GPS geodetisk, test pit, logging test pit, percontoan test pit, dan percontoan batuan.

Antam melalui unit Geomin melakukan kegiatan eksplorasi mineral terintegrasi. Meliputi aktivitas survei, eksplorasi geologi, eksplorasi geofisika, survei geodesi, pengeboran, pengujian analisa fisik, dan kimia, perhitungan cadangan, dan sumberdaya mineral didukung sistem informasi geofisika terintegrasi.

Kegiatan eksplorasi dilakukan untuk memastikan kecukupan potensi sumber daya dan cadangan mineral strategis perusahaan. Kegiatan eksplorasi nikel bertujuan untuk menunjang keberlangsungan operasi, dan inisiasi pengembangan hilirisasi nikel perusahaan. (*)