EmitenNews.com - PT Ciputra Development Tbk (CTRA) menargetkan pendapatan prapenjualan sebesar Rp11,2 triliun pada tahun 2024. Hingga kuartal I 2024, emiten bidang properti ini telah meraih prapenjualan Rp3,3 triliun, yang berarti 30% dari target tahunan telah tercapai. Angka ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dibandingkan pencapaian kuartal I tahun-tahun sebelumnya yang rata-rata sebesar 24%.

Dalam keterangannya Kamis (20/6/2024), Head of Investor Relations CTRA, Aditya Ciputra Sastrawinata, mengungkapkan bahwa pencapaian prapenjualan ini akan terus didorong oleh penjualan stok dan maksimalisasi insentif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) Ditanggung Pemerintah (DTP) yang berlaku hingga akhir tahun 2024.

Saat ini, CTRA fokus pada dua proyek hunian baru, yakni Citraland City Sampali Kota Deli Megapolitan dan Citraland Gresik Kota. Citraland City Sampali, dengan luas pengembangan tahap I sebesar 35 hektare, untuk kalangan menengah dan menengah atas dengan harga rumah mulai dari Rp1,6 miliar hingga Rp4,1 miliar. Proyek ini telah dirilis pada Januari 2024 dan telah menjual 353 unit dengan total prapenjualan Rp856 miliar di kuartal I 2024.

Citraland Gresik Kota, dengan luas pengembangan 28 hektare, ditargetkan untuk kalangan menengah dengan harga per unit mulai dari Rp1 miliar. Proyek ini akan dirilis pada semester II 2024 dengan target prapenjualan sebesar Rp250 miliar.

Proyek utama CTRA di tahun 2024 meliputi CitraLand Surabaya, CitraGarden City Jakarta, CitraLand Tanjung Morawa Kota Deli Megapolitan, Citra City Sentul, CitraGarden Serpong, CitraRaya Tangerang, dan CitraGarden Bintaro. 

Pada kuartal I 2024, CitraLand Surabaya mencatatkan prapenjualan Rp 493 miliar, CitraGarden City Jakarta Rp 255 miliar, dan CitraLand Tanjung Morawa Rp 237 miliar. Proyek lainnya, seperti Citra City Sentul, CitraGarden Serpong, CitraRaya Tangerang, dan CitraGarden Bintaro, masing-masing mencatatkan prapenjualan Rp 204 miliar, Rp 188 miliar, Rp 185 miliar, dan Rp 140 miliar.

Selain proyek hunian, CTRA juga memperluas segmen kesehatannya dengan membuka Ciputra Hospital Surabaya pada Agustus 2024. Rumah sakit ini memiliki kapasitas operasional 70 tempat tidur dengan kapasitas maksimum mencapai 200 tempat tidur. Dengan nilai investasi sebesar Rp 520 miliar, Ciputra Hospital Surabaya menawarkan keunggulan di bidang kardiologi, onkologi, dan neurosurgery.

Untuk menjaga momentum, dari kuartal II 2024 hingga akhir tahun, CTRA berencana meluncurkan berbagai kluster dan ruko baru di beberapa proyek utama, termasuk CitraGarden Serpong, CitraLand Gama City Medan, Citra City Sentul, dan CitraLand Surabaya. Total prapenjualan dari peluncuran baru ini diperkirakan mencapai antara Rp 3,5 triliun hingga Rp 4 triliun.

Dengan berbagai inisiatif strategis ini, CTRA optimistis dapat mencapai target prapenjualan sebesar Rp 11,2 triliun pada akhir tahun 2024. ***