EmitenNews.com - PT Garuda Indonesia Group (GIAA) mencatat pencapaian positif dengan pertumbuhan jumlah penumpang sebesar 34,99% pada Kuartal II 2024, mencapai total 6,11 juta penumpang. Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, menyatakan bahwa maskapai ini terus menunjukkan konsistensi dalam pertumbuhan penumpang yang terlihat dari hasil di Kuartal II 2024.

"Secara grup, kami berhasil mengangkut 6,11 juta penumpang, meningkat 34,99% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang mencatat 4,52 juta penumpang," ungkap Irfan dalam keterangan resminya di Jakarta, Selasa (12/8).

Dengan pencapaian ini, total penumpang yang diangkut Garuda Indonesia hingga akhir Semester I 2024 mencapai 11,53 juta orang. Pertumbuhan jumlah penumpang ini juga tercermin dalam peningkatan frekuensi penerbangan Garuda Indonesia Group sebesar 18,90% hingga akhir Semester I 2024, dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Selain peningkatan jumlah penumpang, Garuda Indonesia juga mencatat pertumbuhan signifikan dalam jumlah angkutan kargo pada Kuartal II 2024. Secara konsolidasi, jumlah angkutan kargo tumbuh sebesar 37,80%, mencapai 53.326 ton kargo secara year-on-year (YoY).

Irfan menjelaskan bahwa salah satu faktor yang mendorong pertumbuhan ini adalah peningkatan komoditas general cargo, khususnya trafik kargo internasional Garuda Indonesia, yang mencatat pertumbuhan hingga 54,01%.

"Pencapaian di Kuartal II 2024 ini mencerminkan penguatan kinerja Garuda Indonesia di tengah momentum akselerasi fase pemulihan perusahaan," jelas Irfan. 

Ia menambahkan bahwa hasil positif ini didukung oleh berbagai inisiatif aksi korporasi baik dari layanan penerbangan penumpang maupun angkutan kargo yang dioperasikan oleh Garuda Indonesia dan Citilink.

Dengan berbagai pencapaian ini, Garuda Indonesia menunjukkan komitmennya dalam memperkuat posisinya di industri penerbangan, sekaligus terus mendorong pemulihan dan pertumbuhan bisnis di tengah tantangan yang ada.