EmitenNews.com - Sebagai national flag carrier, PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) mengoptimalkan dukungannya terhadap layanan penerbangan haji. Terutama dalam memastikan layanan penerbangan yang aman, nyaman serta seamless bagi seluruh jemaah haji Indonesia. Maskapai BUMN ini telah menyelesaikan Fase I (Keberangkatan) Penerbangan Haji 1444 Hijriah/2023 Masehi. Total calon jemaah yang diangkut mencapai 110,4 ribu orang dari 305 kelompok terbang (kloter). Penerbangan kepulangan haji mulai 4 Juli hingga 3 Agustus 2023.



Dalam keterangannya yang dikutip Kamis (29/6/2023), Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengungkapkan komitmen Garuda Indonesia dioptimalkan melalui kesiapan operasional penerbangan serta koordinasi secara intensif dengan berbagai stakeholder. Khususnya untuk memastikan layanan penerbangan Haji bagi seluruh jemaah dapat berjalan lancar dan tepat waktu.

 

Penerbangan keberangkatan haji Garuda Indonesia pada tahun 2023 ini -menuju Madinah dan Jeddah- dilaksanakan mulai 24 Mei hingga 23 Juni 2023.

 

Selanjutnya, penerbangan kepulangan haji (Fase II) akan dilaksanakan mulai 4 Juli hingga 3 Agustus 2023.

 

"Keberhasilan menyelesaikan layanan penerbangan bagi lebih dari 100 ribu jemaah merupakan hal yang sangat kami syukuri," ujar Irfan Setiaputra.

 

Penerbangan haji tahun ini menghadirkan tantangan. Dalam hal ini, total jumlah jemaah lansia asal Indonesia mencapai lebih dari 30 persen dan merupakan yang terbesar dalam 10 tahun terakhir.

 

Jemaah lansia memerlukan pemenuhan sejumlah kebutuhan penunjang keselamatan dan kenyamanan, seperti ketersediaan kursi roda, priority boarding, emergency equipment. Yang paling utama adalah kesiapan petugas darat serta awak kabin dalam membantu para jemaah lansia, mulai dari pre-flight, in-flight, hingga post-flight.

 

Selanjutnya, Garuda Indonesia terus memantau kesiapan operasional Fase II (Kepulangan) Penerbangan Haji 1444/2023 melalui koordinasi intensif bersama seluruh stakeholders dan otoritas kebandarudaraan terkait.

 

Tujuannya, memastikan proses kepulangan haji tahun ini dapat berjalan baik dan lancar. Dengan begitu, kata Irfan Setiaputra, para jemaah bisa mendapatkan pelayanan yang aman serta nyaman, dan tiba kembali di Tanah Air dengan selamat.