EmitenNews.com - Rukun Raharja (RAJA) menggelontorkan investasi senilai Rp982,45 miliar ekuivalen USD63,29 juta. Dana investasi itu, menggelinding melalui anak usaha perseroan yaitu Petrotech Penta Nusa (Petrotech). Investasi melalui Petrotech itu, dilatari oleh sejumlah pertimbangan. 

Yaitu, perseroan via Petrotech dapat mengembangkan usaha, dan melakukan ekspansi usaha bidang pengangkutan produk minyak, dan gas bumi (migas) melalui pipa. Dengan begitu, dapat memberi manfaat terbaik khususnya kepada seluruh pemegang saham, dan manfaat secara umum kepada masyarakat melalui penyediaan pipa untuk pengangkutan produk migas.

Transaksi itu, diharap meningkatkan posisi perseroan secara signifikan dalam kegiatan usaha, pada akhirnya dapat memberi nilai tambah bagi perseroan, dan pemegang saham. Sekadar informasi, pada 4 Oktober 2024, Petrotech meneken kontrak kerja sama perjanjian penyediaan jasa pipanisasi BBM Tanjung Batu-Samarinda dengan Pertamina Patra Niaga.

Di mana, Petrotech bertindak sebagai pemimpin konsorsium. Konsorsium terdiri dari Petrotech Penta Nusa, Citra Panji Manunggal, dan Bakrie Pipe Industries. Petrotech sebagai anak usaha perseroan dengan porsi kepemilikan saham 99,90 persen. 

Dengan demikian, Nilai investasi 39,84 persen dari nilai ekuitas perseroan berdasar laporan keuangan untuk periode bulan berakhir pada 30 Juni 2024. Itu atas hasil audit Kantor Akuntan Publik Paul Hadiwinata, Hidajat, Arsono, Retno, Palilingan & Rekan. 

”Manfaat yang diharapkan akan diperoleh perseroan dengan pelaksanaan transaksi itu, meningkatkan laba perseroan di masa mendatang, dan mendongkrak daya tarik investasi perseroan,” tegas manajemen emiten asuhan menantu Megawati, Happy Hapsoro itu. (*)