EmitenNews.com - Bursa Efek Indonesia (BEI) resmi membuka kembali perdagangan saham PT Inter Delta Tbk (INTD) dan PT Mineral Sumberdaya Mandiri Tbk (AKSI) mulai Jumat, 6 September 2024. Saham kedua emiten tersebut sebelumnya mengalami suspensi akibat lonjakan harga yang dinilai cukup signifikan.

Yulianto Aji Sadono, Kepala Divisi Pengawasan Transaksi BEI, dalam keterangannya pada Kamis (5/9), menyampaikan bahwa pembukaan kembali perdagangan saham INTD dan AKSI dilakukan pada sesi pertama di pasar reguler dan tunai. 

"Suspensi ini dicabut setelah dilakukan evaluasi terkait peningkatan harga kumulatif yang sempat terjadi," jelas Yulianto.

Suspensi sementara terhadap saham INTD dan AKSI diterapkan pada 5 September 2024 sebagai bagian dari langkah cooling down yang diambil oleh BEI untuk melindungi para investor dari potensi risiko akibat volatilitas harga. Tindakan ini merupakan langkah preventif yang biasa diambil oleh bursa guna menjaga stabilitas dan transparansi di pasar modal.

BEI kembali mengingatkan para pelaku pasar untuk terus memantau keterbukaan informasi dan tetap berhati-hati dalam mengambil keputusan investasi, terutama saat terjadi perubahan harga saham yang signifikan.

Usai suspensi dibuka, pada penutupan perdagangan sesi I siang ini, Jumat (6/9), saham INTD ditutup menguat 14 poin menjadi Rp260 per saham. 

Sementara itu saham AKSI juga menguat 60 poin menjadi Rp302 per saham.