EmitenNews.com - GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 di Tangerang Juli lalu yang berhasil mencatat total transaksi penjualan sebanyak 34 ribu unit atau meningkat 27 persen. Nilai transaksi mencapai lebih dari Rp18,8 triliun, meningkat 24 persen dibandingkan tahun 2023.


Hal itu diungkapkan Plt. Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Putu Juli Ardika saat membuka GIIAS Surabaya 2024, Rabu (28/8).


Pameran otomotif GIIAS 2024 juga berhasil meningkatkan kinerja retail sales, yang nilai penjualannya pada Juli lalu mencapai 75 ribu unit atau meningkat 7,6 persen dibandingkan bulan Juni sebesar 70 ribu unit.


“Peningkatan ini mencerminkan antuasiasme masyarakat yang luar biasa terhadap pameran otomotif, menunjukkan minat yang besar dan dukungan kuat terhadap acara ini,” ungkap Putu.


Ia mengemukakan, meskipun industri otomotif Indonesia sedang menghadapi tantangan dinamis, namun tetap menunjukkan potensi positif. Ini tercermin dari kinerjanya sepanjang periode Januari-Juli 2024, industri kendaraan roda dua mencatat penjualan domestik sebesar 3,7 juta unit dan ekspor mencapai 291 ribu unit.


Sementara itu, industri kendaraan roda empat melaporkan penjualan domestik sebanyak 484 ribu unit dan ekspor sebesar 258 ribu unit CBU dan 26 ribu unit CKD.


“Tantangan pelemahan ekonomi domestik, regional, maupun global harus disikapi dengan optimis. Krisis industri otomotif di Thailand juga dapat menjadi peluang industri otomotif Indonesia untuk mengambil alih posisi Thailand sebagai produsen otomotif nomor satu di ASEAN,” paparnya.


Oleh karena itu, diperlukan semangat kolaborasi dan inovasi untuk merebut momentum tersebut dalam mendorong pertumbuhan industri otomotif di Indonesia menjadi lebih kuat dan berkelanjutan pada masa depan. “Pemerintah berkomitmen untuk terus meningkatkan kepercayaan dan mendorong belanja masyarakat dalam iklim ekonomi yang lebih stabil, guna mendukung perkembangan dan inovasi industri otomotif ke arah yang lebih positif dan produktif,” tegas Putu.(*)