EmitenNews.com - Pengembangan usaha dan bisnis di tengah era Revolusi Industri 4.0 tidak hanya sekadar memanfaatkan teknologi, tetapi juga membutuhkan keterlibatan masyarakat. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menekankan, sektor perekonomian yang banyak melibatkan masyarakat adalah pariwisata dan ekonomi kreatif dengan menyerap banyak tenaga kerja.

 

"Mengembangkan bisnis dan usaha bukan hanya tentang memanfaatkan teknologi tetapi juga melibatkan masyarakat dalam proses itu sendiri," kata Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dalam pidato sambutannya kepada mahasiswa baru Universitas Pelita Harapan (UPH), Tangerang, Banten, Jumat (25/8/2023).

 

Dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0, diperlukan adaptasi yang cepat terhadap perubahan zaman melalui cara berpikir, berinovasi, dan berkolaborasi.

 

Sektor perekonomian yang banyak melibatkan masyarakat adalah sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan menyerap banyak tenaga kerja.

 

"Salah satu sektor yang banyak melibatkan masyarakat secara luas antara lain adalah sektor pariwisata dengan jumlah tenaga kerja sebesar 22,9 juta jiwa dan sektor ekonomi kreatif dengan jumlah tenaga kerja sebesar 23,9 juta jiwa," ujar Menteri Sandiaga Salahuddin Uno. ***