EmitenNews.com—Direktur Utama sekaligus pemilik saham pengendali PT Mega Manunggal Property Tbk, (MMLP), Hungkang Sutedja melepas 46,6 juta lembar saham MMLP.


Dalam laporannya kepada Bursa Efek Indonesia, Senin pekan lalu (26/9), Hungkang menyebutkan telah menjual 39 juta lembar kepemilikan saham langsung dan 7,6 juta lembar kepemilikan saham tidak langsung. di Mega Manunggal.Alasan penjualan adalah "kebutuhan dana," tulis Hungkang.


Namun tidak disebutkan di harga berapa Hungkang melepas sahamnya, ia hanya mencantumkan "sesuai kesepakatan" tentang harga pembelian dan penjualan saham.


Melalui penjualan tersebut, Hungkang melepas hampir semua kepemilikannya di MMLP yang sebelumnya sebanyak 40 juta lembar saham (0,58%) menjadi tinggal 1 juta lembar (0,01%). Sedangkan kepemilikan saham tidak langsung yang semula sebanyak 2,338 miliar saham (33,94%), berkurang menjadi 2,330 miliar lembar (33,83%).


Alhasil kepemilikan saham Hungkeng secara langsung maupun tidak langsung di Mega Manunggal melalui PT Mega Mandiri Properti dan West Bridge Developments Limited setelah penjualan, menjadi 33,84%.


Sejak awal September, harga saham MMLP bergerak berfluktuasi. Meski naik 18 poin menjadi Rp460 per lebar pada sesi penutupan Senin ini, harga saham MMLP sudah turun 12 poin dibanding awal September lalu di Rp 472 per lembar.


Sepanjang September lalu, harga MMLP sempat menyentuh level tertinggi Rp492 per lembar pada 6 September dan terendah di Rp426 per lembar pada 27 September. Ketika melepas sahamnya pada 8 September lalu, harga MMLP bergerak di kisaran harga tertinggi Rp482, dan ditutup di harga terendah Rp470 per lembar.