EmitenNews.com—Mandiri Sekuritas (CC) resmi mengumumkan pengangkatan Hoesen sebagai Komisaris Utama dan Komisaris Independen Perusahaan menggantikan Mirza Adityaswara yang diangkat menjadi Wakil Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2022 lalu. 

 

Pengangkatan Hoesen sebagai Komisaris Utama dan Komisaris Independen Perusahaan telah disetujui oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tanggal 17 Februari 2023 dan oleh Keputusan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Sirkuler pada tanggal 16 Mei 2023. 

 

Hoesen memiliki pengalaman selama 30 tahun di industri keuangan Indonesia dan sebelumnya menjabat sebagai Kepala Eksekutif Pasar Modal merangkap Anggota Dewan Komisioner OJK. 

 

Selain itu, sederet pengalaman Hoesen adalah antara lain sebagai Komisaris PT Danareksa Capital, Komisaris PT Danareksa Investment Management, Direktur PT Danareksa (Persero), Direktur Penilaian Perusahaan PT Bursa Efek Indonesia, dan Direktur Utama PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI). 

 

Atas pengangkatannya ini, Hoesen mengatakan, "Saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Bank Mandiri selaku Pemegang Saham untuk menjadi Komisaris Utama dan Independen di Mandiri Sekuritas. Saya bersama Dewan Komisaris berkomitmen tinggi untuk menjalankan fungsi pengawasan dan pendampingan dalam meningkatkan bisnis Mandiri Sekuritas di Industri pasar modal Indonesia dan regional Asia, serta mengembangkan daya saing di tengah dinamika pertumbuhan yang semakin tinggi dengan berlandaskan tata kelola perusahaan yang baik dan berkelanjutan." 

 

Disisi lain, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meloloskan Samsul Hidayat sebagai Direktur Utama Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) periode 2023 hingga 2027, setelah menjalani uji kepatutan dan kelayakan.


“Iya, betul,” jawab Deputi Komisioner Pengawas Emiten, Transaksi Efek dan Pemeriksaan Khusus OJK, Djustini Septiana, Jumat (19/5/2023).


Sementara itu, pada laman KSEI tertera bahwa Samsul Hidayat merupakan calon Direktur Utama KSEI 2023 hingga 2027.


Samsul Hidayat saat ini memegang jabatan sebagai Direktur Eksekutif Asosiasi Emiten Indonesia, dan menjadi Komisaris 4 emiten dan Komisaris Mirae Asset Sekuritas Sebelumnya, dia menjabat sebagai Direksi Bursa Efek Indonesia periode 2012 -20215 dan 2015 -2018.


Selain Samsul, KSEI juga mengunggah dua calon direksi lainnya, yakni Imelda Sebayang dan Dharma Setyadi.


Imelda Sebayang saat ini menduduki jabatan sebagai Direktur Layanan Sekuritas Citibank Indonesia. Dia juga tercatat sebagai Dewan Presidium Asosiasi Pengelola Reksadana Indonesia 2021 sampai sekarang dan menjadi Ketua Umum Asosiasi Bank Kustodian Indonesia 2021 - 2024.


Sedangkan Dharma Setyadi, saat ini menjalani karir sebagai Kepala Divisi Penyelesaian Transaksi dan Administrasi Layanan KSEI. Lulusan Fakultas Matematika Universitas Indonesia ini telah meniti karir di KSEI sejak tahun 1995.