EmitenNews.com - Indeks harga saham gabungan atau IHSG hari ini, Rabu 2 Maret 2022 berpotensi menguat. Indikasi potensi penguatan terlihat dari terbentuknya pola rising window yang diikuti dengan besarnya net buy investor Asing di perdagangan Selasa (1/3).


"IHSG berpotensi uji 6970 hingga level psikologis 7000 yang juga all-time high level," kata analis Phintraco Sekuritas Valdy Kurniawan.

IHSG sempat mendekati level 7000 di awal perdagangan Selasa kemarin yang ditopang oleh saham-saham bank.

Akan tetapi terdapat indikasi profit taking pada saham-saham tersebut pasca pengumuman kenaikan Giro Wajib Minimum (GWM) oleh Bank Indonesia (BI) pada siang hari.

BI berencana kembali menaikan GWM secara bertahap pada 1 Juni 2022 dan 1 September 2022. Meski demikian, BI meyakini bahwa kebijakan tersebut tidak akan mengurangi likuiditas Sektor Perbankan Indonesia (SPI) secara signifikan.

Dari eksternal, pelaku pasar mengantisipasi pidato Kepala the Fed, Jerome Powell di Rabu (2/3) waktu setempat dan rencan pertemuan kedua antara delegasi Rusia dengan Ukraina dalam beberapa hari kedepan.

Dengan sejumlah gambaran tersebut saham-saham yang menurut Phintraco dapat diperhatikan pada perdagangan hari ini di antaranya BRIS, KLBF, AALI, LSIP, SIMP, TPIA, PGAS, AGII dan JPFA.(fj)