EmitenNews.com - Faktor teknikal diperkirakan lebih dominan mempengaruhi IHSG di pekan ini termasuk di perdagangan Senin (27/12) ini.


Analis Phintraco Sekuritas, Valdy Kurniawan memberi alasan IHSG lebih didominasi faktor teknikal; "Data-data ekonomi yang dijadwalkan rilis pekan ini relatif minim. Selain itu, hari perdagangan juga relatif lebih singkat," jelasnya.


Rebound mayoritas indeks global di tengah sejumlah kabar positif mengenai penanganan dan perkembangan Covid-19, terutama terkait dengan omicron variant dalam beberapa hari perdagangan terakhir menurutnya juga dapat menjadi katalis positif bagi IHSG.


Kabar tersebut diantaranya pemberian emergency use authorization untuk vaksin Covid-19 dalam bentuk pil dari Pfizer oleh FDA. Juga hasil sejumlah penelitian berdasarkan data awal yang menunjukan lower hospitalization risk pada omicron variant.


Selain itu, ekspektasi peningkatan konsumsi pada libur Natal dan jelang tahun baru, termasuk di Indonesia turut menopang optimisme pelaku pasar.


Hal tersebut mendorong penguatan harga sejumlah komoditas, termasuk Nikel.


Saham-saham yang dapat diperhatikan, di perdagangan hari ini menurut Phintraco meliputi ANTM, INCO, LSIP, PTBA, ITMG, BBNI, ESSA dan UNVR.(fj)