EmitenNews.com -  Otoritas Jasa Keuangan  (OJK) pada hari Selasa (31/8/2021) telah memberikan pernyataan efektif kepada PT Global Sukses Solusi Tbk untuk melakukan Penawaran Umum Perdana Saham atau Initial Public Offering (IPO) sebanyak 196.800.000 saham biasa atas nama dengan nilai nominal Rp4,-

 

Dengan diperolehnya ijin efektif dari OJK tersebut, Perseroan mulai hari ini Kamis (2/9/2021) hingga 6 September 2021 akan mulai melakukan Penawaran Umum Perdana Saham dengan harga Rp254,- per saham.Dengan demikian, Perseroan akan meraih total dana dari IPO sebesar Rp49,987 miliar. Selanjutnya, Perseroan akan melakukan penjatahan pada 6 September 2021, dan tanggal distribusi saham secara elektronik pada 7 september kemudian listingdi PT Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 8 September 2021.

 

Direktur Utama PT Global Sukses Solusi Tbk Sony Rachmadi Purnomo menyambut gembira dengan keluarnya ijin efektif dari OJK dan mengungkapkan rasa bersyukur bahwa sebentar lagi Perseroannya akan mengukir milestonedi tahun 2021 ini, sebagai perusahaan publik. “Sebentar lagi, Kami akan menjadi perusahaan terbuka, sehingga Kami harus bekerja lebih keras lagi untuk menghasilkan kinerja yang terus bertumbuh dan berkelanjutan demi kepentingan pemegang saham dan stake holders.”

 

Sebagai perusahaan dalam industri yang sedang berkembang, PT Global Sukses Solusi Tbk membutuhkan pendanaan yang tidak sedikit jumlahnya untuk mengembangkan usahanya, dan  pasar modal adalah lembaga finansial yang tepat dalam mewadahi perusahaan perusahaan startup dalam mencari pendanaan, dengan biaya yang jauh lebih murah daripada pinjaman bank.

 

PT Global Sukses Solusi Tbk melepas sekitar 20,01% saham dari jumlah modal ditempatkan dan disetor penuh Perseroan setelah IPO. Peseroan juga akan mencatatkan seluruh saham biasa atas nama pemegang saham sebelum penawaran umum perdana saham sejumlah 786.757.875 saham. sehingga jumlah seluruh saham yang akan dicatatkan di PT Bursa Efek Indonesia (BEI) adalah sebesar 983.557.875 saham biasa atas nama atau 100% dari modal disetor penuh sesudah penawaran ini.

 

PT Global Sukses Solusi Tbk memiliki kegiatan usaha utama bergerak di bidang penyedia solusi software Enterprise Resource Planning (ERP)yang terintegrasi, dari proses bisnis hulu ke hilir (integrated end to end user business process) untuk segala bisnis dari skala menengah hingga besar. Perseroan juga memiliki empat jenis produk yaitu Run System yang merupakan ERP software, Run Market yaitu enterprise internediary platform, Run iProbe (HR enterprise solution system) dan iKas yaitu point of sales platform.

 

Dari hasil penghimpunan dana IPO, setelah dikurangi dengan biaya-biaya emisi saham, Perseroan akan menggunakan dana sekitar 74% akan digunakan sebagai modal kerja diantaranya yaitu untuk pembiayaan proyek baru, biaya overhead dan operasional.Pembiayaan proyek baru tersebut adalah pengadaan-pengadaan ERP dan pekerjaan pekerjaan managed service ERP pada pelanggan pelanggan Perseroan. Sekitar 11% akan digunakan untuk market acquisition and expansion.


Market acquisition and expansion bertujuan untuk memperluas segmen baru melalui pengembangan produk iKas, yaitu Micro point of Sales, yang ditujukan untuk bisnis UKM dan dapat menghubungkan antara pelanggan ERP ke bisnis UKM serta pengembangan lebih lanjut produk RUN Market, yaitu platform ERP untuk segmen bisnis menengah. 

 

Saat ini produk iKas telah digunakan di 5 (lima) desa untuk mendukung program smart villagenusantara dan telah digunakan oleh para pedagang di Kawasan Wisata Candi Borobudur. Untuk produk RUN Market saat ini sudah diimplementasikan di beberapa tempat implementasi  iKas dan RUN Market juga sudah bekerjasama dengan Telkom dan sedang penjajagan dengan Bank BNI untuk mendukung pendistribusian produk dua BUMN tersebut.