EmitenNews.com - Pemerintah terus berupaya memperkuat rantai pasok dan memperluas pasar UMKM. Salah satunya melalui Inabuyer 2024, yang sedang digelar di Smesco, Jakarta pada 15-17 Mei 2024. Pelaku UMKM harus memanfaatkan momen seperti Inabuyer untuk memperluas jejaring.

Dalam pembukaan Inabuyer 2024, Rabu (15/5/2024), Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan penguatan rantai pasok menjadi elemen penting dalam ekosistem bisnis UMKM.

Mengutip data World Economic Outlook IMF, Menkop Teten Maduki menyebut pertumbuhan Indonesia pada 2024 diperkirakan mencapai 5 persen. Namun, hanya 6,3 persen UMKM Indonesia yang terlibat dalam rantai global.

"Karena itu, dibutuhkan sinergi dari berbagai pihak untuk meningkatkan kapasitas pelaku usaha dan memperluas akses pasar melalui pendampingan yang komprehensif," ucap Teten Masduki.

Saat ini sudah ada kebijakan alokasi belanja barang dan jasa pemerintah untuk pembelian produk dalam negeri khususnya produk UMKM. Dengan dukungan ini, UMKM harus mampu bersaing menjadi pemasok utama dalam perekonomian nasional

untuk itu, para pelaku UMKM diminta memanfaatkan Inabuyer 2024 ini sebagai tempat untuk berjejaring dengan banyak pembeli dan entitas bisnis lainnya demi memperluas akses pasar dan rantai pasok.

"Saya optimistis melalui Inabuyer ini akan menjadi katalis untuk transaksi yang berdampak dan pembangunan kemitraan jangka panjang, serta mendorong inovasi dan kemajuan ekonomi," kata Menkop UKM Teten Masduki.

Seperti dikutip dari lama Inabuyer, dalam mendukung program Bangga Buatan Indonesia dan Gerakan Beli Buatan Indonesia, Spectindo menginisiasi penyelenggaraan pameran INABUYER B2B2G EXPO pertama tahun 2023. Kegiatan ini didukung oleh Kementerian Koperasi dan UKM serta Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO), dan Smesco.

Pameran ini menjadi ajang bagi buyer dari sektor Kementerian/Lembaga, BUMN, dan Swasta untuk bertemu dengan para supplier baik UKM, produsen, dan brand. Acara ini bertujuan untuk memfasilitasi business matching, networking, dan penandatangan kontrak bisnis yang saling menguntungkan.

Inabuyer menjadi penyelenggaraan event pertama yang memfasilitasi para buyer untuk dapat duduk dan menunggu kedatangan supplier. Inisiatif ini memungkinkan para offtaker (buyer) dapat mempersingkat waktu proses pengadaan dalam menemukan produsen atau supplier yang berkualitas. Bersamaan dengan itu, para supplier mendapatkan banyak peluang peningkatan penjualan, dengan bertemu buyer dari sektor pemerintahan dan swasta.

Inabuyer B2B2G Expo 2024 adalah acara yang menghubungkan buyer dari sektor pemerintahan dan swasta dengan supplier. Didukung Kementerian Koperasi dan UKM, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) dan Smesco acara ini bertujuan untuk memfasilitasi pertemuan bisnis, kolaborasi, dan kerja sama antara kedua belah pihak. ***