EmitenNews.com - PT Indika Energy Tbk (INDY) secara resmi melepas kepemilikan sahamnya di PT Trisetia Citagraha (TCG) kepada PT Barito Pacific Lumber (BPL). Transaksi tersebut dilakukan melalui Perjanjian Pengikatan Jual Beli Saham Bersyarat (PPJB) yang ditandatangani pada 26 September 2024.

Dalam kesepakatan tersebut, PT Indika Multi Properti (IMP), yang merupakan pemilik langsung TCG, menjual 6.332 lembar saham dengan nilai transaksi mencapai Rp26,77 miliar. Proses pembayaran dilakukan dalam dua tahap.

Tahap I dengan nilai Rp22.298.000.000 (dua puluh dua milyar dua ratus sembilan puluh delapan juta Rupiah) untuk nilai pengalihan hak atas uang muka penyetoran modal dan pengalihan 80% (delapan puluh persen) saham IMP kepada BPL dan Tahap II dengan nilai Rp4.476.000.000  untuk pengalihan 20% (dua puluh persen) saham IMP kepada Pembeli.sedangkan sisanya akan diselesaikan pada tahap selanjutnya.

"Setelah penyelesaian transaksi ini, TCG tidak lagi menjadi anak perusahaan perseroan dan tidak akan dikonsolidasi dalam laporan keuangan kami," ujar Adi Pramono, Sekretaris Perusahaan Indika Energy.

Pramono menambahkan bahwa pelepasan saham TCG sejalan dengan strategi diversifikasi bisnis perusahaan. 

"Langkah ini diambil untuk memastikan agar Indika Energy fokus pada kegiatan usaha yang berkelanjutan," tutupnya.