EmitenNews.com - Mahalnya harga tiket pesawat berperan besar atas angka inflasi. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi April 2024 mencapai 0,25% secara bulanan (month-to-month/mtm). Secara tahunan, mencapai 3% year-on-year (yoy). Secara tahun kalender,  inflasi mencapai 1,12%. Penyumbang inflasi terbesar, sektor transportasi utamanya tarif angkutan udara.

"Tingkat inflasi bulanan April 2024 lebih rendah dari bulan sebelumnya dan bulan yang sama pada tahun lalu,” ujar Plt. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Amalia Adininggar Widyasanti, Kamis (2/4/2024). 

BPS mencatat kelompok pengeluaran penyumbang inflasi terbesar adalah transportasi dengan inflasi 0,93% dan andil inflasi sebesar 0,12%. Penyumbang utama inflasi dari kelompok transportasi adalah tarif angkutan udara dengan andil inflasi sebesar 0,06%. Bandingkan dengan tarif kereta api yang memberikan andil inflasi sebesar 0,01%. 

Konsensus ekonom Bloomberg meramalkan inflasi tahunan pada April 2024 dengan nilai rata-rata di angka 3,08% (year-on-year/yoy). Sedangkan secara bulanan, inflasi April diperkirakan pada level 0,32% (month-to-month/mtm). ***