EmitenNews.com -PT Bank J Trust Indonesia Tbk (J Trust Bank/BCIC) resmi bekerja sama dengan The Saikyo Bank, Ltd. (Saikyo Bank) bank asal kota Shunan, Prefektur Yamaguchi, Jepang. Kerja sama tersebut turut membuka akses investasi dari Jepang ke Indonesia.

 

Diketahui, Jepang secara terus menerus mengalami penyusutan ekonomi akibat rendahnya angka kelahiran dan menurunnya populasi penduduk. Pergeseran demografis ini kemungkinan besar mempunyai implikasi sosial dan ekonomi yang besar, termasuk melambatnya pertumbuhan ekonomi. Hal ini mendorong Saikyo Bank untuk memasuki pasar global melalui kerja sama dengan J Trust Bank.

 

Melalui kerja sama ini J Trust Bank dan Saikyo Bank berkomitmen membuka akses dan menghubungkan pelaku usaha Jepang dengan pelaku usaha di Indonesia sehingga dapat membantu pengembangan usaha keduanya di Indonesia. Selain mendukung pengembangan bisnis  ,  kerja sama antara J Trust Bank dan Saikyo Bank turut memberikan solusi terhadap berbagai tantangan bisnis di tingkat global terkait kebutuhan permodalan dan sistem layanan transaksi keuangan.

 

Direktur Utama J Trust Bank Ritsuo Fukadai mengatakan,J Trust Bank dan Saikyo Bank menyadari potensi pertumbuhan ekonomi yang tinggi di Indonesia dikarenakan jumlah penduduk yang besar dan meningkatnya jumlah masyarakat berpendapatan menengah.

 

"Kolaborasi ini memiliki kesamaan spirit yaitu untuk memperluas peluang bisnis dan meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha dan masyarakat Indonesia, melalui integrasi keahlian perbankan berstandar Jepang," jelas Ritsuo Fukadai usai penandatanganan kerja sama J Trust Bank dengan Saikyo Bank di Jakarta, Selasa (10/10/2023).

 

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama The Saikyo BankKen Matsuoka menyampaikan bahwa pihaknya sangat senang bekerja sama dengan J Trust Bank untuk membantu mitra bisnis The Saikyo Bank, Ltd berekspansi ke Indonesia. Ken Matsuko memandang Indonesia sebagai salah satu negara dengan potensi terbesar untuk pertumbuhan berkelanjutan di pasar domestik lebih dari itu diperkirakan akan menyalip Jepang dalam pertumbuhan ekonomi (GDP) di tahun 2050.

 

Kerja sama keduanya disebut akan memberikan manfaat bagi perekonomian, karena Saikyo Bank akan mengajak para pengusaha Jepang untuk berinvestasi ke Indonesia."Dalam jangka pendek, kami ingin pelaku bisnis di Yamaguchi 1 tahun dua kali bisa dibawa ke Indonesia. Kami juga memikirkan 1 tahun bisa memperkenalkan 50 company untuk datang ke Indonesia," ucap Ken Matsuoka.

 

Adapun, 50 perusahaan tersebut akan berasal dari berbagai sektor industri, utamanya adalah factory, dan juga konstruksi rumah. "Cakupan industri cukup banyak yang ingin berbisnis ke Indonesia, seperti membuat perumahan, ingin manage usaha di Indonesia. Banyak investor Jepang di sektor itu atau terkait pabrik factory , banyak investor Jepang yang tertarik ke Indonesia," sambung Ken Matsuoka.

 

J Trust Bank diketahui terus mencatatkan peningkatan kinerja positif dengan laba bersih sebesar Rp 90,62 miliar per kuartal II-2023. Katalis dalam peningkatan kinerja tersebut dipicu oleh pertumbuhan kredit bruto menjadi sebesar Rp 21,70 triliun dari sebelumnya Rp 15,28 triliun atau tumbuh 42% (yoy). Sementara dana pihak ketiga (DPK) juga terlihat meningkat menjadi Rp 29,24 triliun dari Rp 20,18 triliun atau sebesar 44,87% (yoy) pada posisi semester I-2023.