EmitenNews.com—PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) menargetkan akuisisi PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) akan terealisasi pada tahun ini.


Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Semen Indonesia, Andriano Hosny menjelaskan bahwa akuisisi terhadap SMBR tersebut menjadi salah satu milestone perseroan pada tahun ini.


Sebab pemerintah menilai portofolio manajemen dua perusahaan yang bergerak di industri semen ini kurang efektif apabila dikelola secara terpisah. Karena itu, agar tercipta sinergi dan pengelolaan rencana strategis dari klasterisasi semen berjalan baik, maka perlu dikonsolidasikan.


"Proses dari masuknya SMBR ini sedang berjalan on the track dan perkiraan sekitar akhir Oktober atau November mulai proses capital market dan closing di sekitar Desember. Jadi, ini masih on the track dan sepertinya akan terealisasi tahun ini," ucap Hosny.


Sementara itu, Direktur Bisnis dan Pemasaran Semen Indonesia, Aulia Mulki Oemar menambahkan bahwa untuk memaksimalkan kinerja perseroan, ke depan SMGR juga akan berpartisipasi dalam pembangunan megaproyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. " Definitely , kami akan ikut dalam proyek tersebut," tegas Aulia.


Selain karena SMGR adalah BUMN, ia juga menyampaikan bahwa perseroan merupakan produsen semen terbesar di Indonesia sehingga dipastikan bakal berpartisipasi pada proyek IKN di Kalimantan Timur.