EmitenNews.com - PT BUMI Resources Tbk. (BUMI) menjadi salah satu pemasok batu bara terbesar PLN. BUMI menyumbang seperenam porsi bahan bakar yang digunakan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebagai sumber energ. Dengan begitu, perseroan ini menjadi salah satu pemasok batu bara dengan volume terbanyak untuk pembangkit listrik Tanah Air.

"Batu bara masih berperan besar dalam ketersediaan suplai listrik dengan harga murah di Indonesia. BUMI memiliki kontribusi yang tidak sedikit, selaras dengan cakupan Domestic Market Obligation (DMO) batu bara yang melampaui angka 25 persen," kata Direktur & Corporate Secretary BUMI Dileep Srivastava, Jumat (30/8/2028).

Saat ini, sebagian besar pembangkit listrik di dunia masih mengandalkan batu bara sebagai bahan bakar termurah, terutama di kawasan Asia. Begitu pula di Indonesia, produksi listrik dengan harga terjangkau masih memerlukan batu bara sebagai sumber energi utama.

Menurut Dileep Srivastava menyatakan melalui anak usahanya, secara total BUMI menyuplai batu bara sekitar 21 sampai 22 juta metrik ton untuk kebutuhan domestik pada 2023. Itu berarti sekitar 28 persen dari total produksi tahun tersebut yaitu 77,8 juta metrik ton.

Dengan begitu BUMI terhitung menyumbang sekitar 1/6 dari kebutuhan batu bara PLN dalam mencukupi listrik bagi negara. Dalam semester pertama tahun 2024, BUMI memproduksi batu bara sebesar 37,7 juta metrik ton, naik sebesar 7 persen dibanding tahun lalu sebesar 35,4 juta metrik ton.

BUMI memiliki anak perusahaan pertambangan batu bara, yakni PT Kaltim Prima Coal (KPC) di Provinsi Kalimantan Timur, PT Arutmin Indonesia (Arutmin) di Kalimantan Selatan, dan PT Pendopo Energi Batubara di Sumatera Selatan. ***