EmitenNews.com - Ini jalan nasib Muhammad Farid Andika (MFA). Jagoan yang sempat menodongkan senjata saat cekcok di jalan itu, mundur dari posisi CEO Restock.id. Fintech itu kini dipimpin Tiar Nabilla Karbala yang sebelumnya menjabat komisaris perusahaan. MFA harus berkonsentrasi menghadapi soalan hukum yang menjeratnya setelah polisi menetapkannya sebagai tersangka kasus kepemilikan senjata, Sabtu (3/4/2021), imbas aksi koboinya sehari sebelumnya.

 

Dalam siaran pers yang dikutip Minggu (4/4/2021), Chief of Sales Restock.id, Rega Sardjono mengatakan Muhammad Farid Andika telah mengundurkan diri dari posisi CEO. "Untuk sementara kami telah menunjuk Tiar Nabilla Karbala sebagai CEO."

 

Farid adalah pengemudi Fortuner yang melakukan aksi koboi di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat (2/4/2021) dini hari. Ia ternyata founder dan Chief Executive Officer (CEO) dari startup peer-to-peer lending bernama Restock.id. Akuntan tamatan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia tahun 2010 itu, sekaligus pemegang saham Restock. Namun, website resmi startup ini sudah tak lagi memuat nama MFA. Hanya ada Refa Prasidhagiwa Sardjono, Chief Sales Officer dan Muhammad Audi Vialdo, Chief Risk Officer, dan Tiar yang ditunjuk menggantikan MFA. Lalu, dewan komisaris, Fuddy Heryzady, Tiar Nabilla Karbala dan Moechamad Ichsan.

 

Restock.id, perusahaan jasa keuangan dengan teknologi modern (financial technology atau fintech) peer-to-peer lending di Indonesia. Usaha rintisan (start up) ini mengembangkan model bisnis, memberikan pembiayaan kepada pelaku UMKM bidang penyedia teknologi dan pusat pergudangan di seluruh Indonesia. Restock menjalin sejumlah kerja sama dengan berbagai perusahaan. Di antaranya, kolaborasi antar-platform P2P dengan perusahaan fintech lainnya, PT Astra Welab Digital Arta (AWDA) yang menghasilkan produk Maucash. 

 

Kerja sama mereka untuk membantu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang membutuhkan pembiayaan. UMKM menjadi perhatian, karena dinilai sebagai penopang utama ekonomi negara di saat krisis. Kehadiran usaha rintisan ini diharapkan dapat menjadi salah satu solusi bagi usaha yang belum terhubung dengan ekosistem finansial, terutama bagi para pengusaha online yang sedang berkembang. Mereka telah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak 7 Agustus 2019. Restock memudahkan akses pembiayaan bagi UMKM menggunakan aset dan inventori usaha sebagai jaminan melalui situs www.restock.id. 

 

Pendiri Restock disebutkan sebagai orang-orang yang telah berpengalaman secara profesional dalam dunia finansial dan teknologi. Visinya, mengambil peran untuk mendorong pengembangan UMKM di Indonesia yang menguntungkan bagi pelaku usaha dan kumpulan pemberi pembiayaan yang mendukungnya.

 

Bagusnya para pemilik saham, dan manajemen telah bertindak cepat, dengan mengambil langkah yang bisa meminimalisir kasus MFA, agar tidak berimbas pada kepercayaan publik. Seperti sudah ditulis, Farid sempat menodongkan airsoft gun kepada sejumlah pengendara sepeda motor, yang mencegatnya karena telah menyenggol dua perempuan pengendara motor.

 

Kepala Divisi Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus menjelaskan Muhammad Farid Andika alias MFA telah ditetapkan sebagai tersangka kasus penodongan airsoft gun di Duren Sawit, Jakarta Timur itu. Tak hanya masalah aksi koboinya, pria 36 tahun itu juga disidik polisi dalam masalah insiden tabrak pemotor di lokasi tersebut. "Iya itu juga kita selidiki sambil berjalan penyidikan kasus airsoft gun di Ditkrimum." ***