EmitenNews.com - Jangan protes lagi. Tidak ada produsen bir yang menjadi sponsor pergelaran ajang balap mobil listrik Formula E di Jakarta, 4 Juni 2022. Dari tujuh sponsor utama, tidak ada produsen bir Heineken. Sponsornya perusahaan lokal, mulai peritel handphone, sampai kosmetika. Dilaporkan atap tribun penonton atau grandstand Formula E Jakarta, roboh akibat hujan angin. Panitia memastikan atap roboh itu konstruksinya belum selesai betul.


Kepada pers, Sabtu (28/5/2022), Ketua Panitia Pelaksanaan Formula E Jakarta, Ahmad Sahroni, memastikan akan ada 7 sponsor pergelaran Formula E. Tidak ada produsen bir Heineken. Politikus Partai NasDem itu, membeberkan, sponsornya antara lain Eraphone, Bank Artha Graha Internasional, Hotel Discovery, Gulavit, Electronic City, Paprika, dan MS Glow for Men.


"Perlu ditegaskan bahwa tidak ada penjualan bir dan logo perusahaan bir di ajang Jakarta E-Prix. Perlu diketahui juga bahwa Heineken adalah sponsor global FEO, yang hadir dalam seluruh balapan Formula E di berbagai kota, termasuk di Diriyah, Arab Saudi," tegas Ahmad Sahroni.


Sahroni mengatakan logo Heineken tidak akan muncul sepanjang gelaran Formula E Jakarta. Selain itu juga tidak akan ada penjualan produk minuman beralkohol tersebut. Anggota DPR RI ini menyebutkan, pihak FEO, Heineken, dan perusahaan lainnya menjunjung tinggi budaya lokal dan nilai-nilai masyarakat di negara atau kota yang menjadi tuan rumah Formula E.


“Jadi, mereka akan menyesuaikan dengan kondisi di negara masing-masing. Ini adalah komitmen yang sudah ditegaskan sejak awal," papar Ahmad Sahroni.


Selain itu, juga sudah disepakati, tidak akan ada logo Heineken di area Sirkuit. Juga tidak akan ada penggunaan campagne beralkohol dalam acara penyerahan piala juara. Logo diganti dengan tagline berbunyi: 'when you drive, never drink'.


Sebelumnya soal sponsor produsen bir itu ramai diperbincangkan. Mudah-mudahan dengan penjelasan Ahmad Sahroni itu, semua bisa kembali tenang.


Formula E akan dilangsungkan di Jakarta pada 4 Juni 2022. Mobil-mobil listrik itu, akan bertarung dalam sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara sepanjang 2,4 km. Pembangunan sirkuit Formula E Jakarta oleh kontraktor PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama dengan anggaran mencapai Rp60 miliar, bersumber dari Jakpro.


Sementara itu, dilaporkan atap tribun penonton atau grandstand Formula E di Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, roboh akibat hujan angin, Jumat (27/5/2022) malam sekitar pukul 23.00 WIB. Panitia memastikan tak ada korban dalam insiden tersebut.


"Angin kencang dan hujan badai tadi malam. Hanya 1 grandstand yang roboh, atapnya aja. Nggak ada korban," kata Ahmad Sahroni.


Ahmad Sahroni mengatakan petugas sudah kembali memperbaiki kerusakan di grandstand tersebut. Diperkirakan perbaikan selesai Minggu (29/5/2022). "Insyaallah besok beres."


Secara umum menurut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut segala persiapan untuk gelaran Formula E berjalan dengan baik. Persiapan di lokasi, kata dia, sudah berjalan baik. “Insyaallah 4 Juni berjalan lancar."


Anies Baswedan juga mengatakan, seluruh mobil listrik Formula E telah tiba di Jakarta. "Semua kendaraan sudah tiba di Jakarta. Sekarang dalam proses penyiapan untuk bisa dirakit kembali." ***