EmitenNews.com - Presiden Joko Widodo membuka kemungkinan tidak menghadiri pelantikan Presiden terpilih Prabowo Subianto pada 20 Oktober 2024, di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta. Presiden dua periode yang kekuasaannya berakhir saat itu, memilih pulang ke Solo, Jawa Tengah sore harinya. Setelah lengser, Jokowi akan lebih banyak menghabiskan waktunya berlibur bersama keluarga.

Jokowi menyampaikan hal itu, usai acara BNI Investor Daily Summit di Jakarta Convention Center pada Selasa (8/10/2024). Namun, mantan Gubernur DKI Jakarta itu,  tidak menjelaskan lebih jauh.

Jokowi mengatakan bahwa ia akan pulang ke Solo pada Ahad 20 Oktober 2024. "Saya pulang ke Solo dulu. Tidur."

Seperti diketahui, Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin akan mengakhiri periode (2019-2024) kepemimpinannya. Sebagai gantinya, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan dilantik pada 20 Oktober 2024. 

Prosesi pengucapan sumpah jabatan presiden dan wakil presiden terpilih akan dilaksanakan dalam Sidang Paripurna Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), yang akan dipimpin oleh ketua MPR Ahmad Muzani.

Sebelumnya, tiga narasumber yang mengetahui rencana Jokowi pulang ke Solo menceritakan kepada Majalah Tempo. Jokowi bersiap kembali ke rumahnya di Kecamatan Sumber, Surakarta, dengan pesawat komersial.

Belum jelas benar mengapa Jokowi membuka kemungkinan tidak menghadiri pelantikan Presiden dan wakil presiden baru, yang akan memimpin pada periode 2024-2029.

Kabarnya, Jokowi, dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo akan terbang ke Solo. Awalnya, direncanakan, seperti saat dari Solo ke Jakarta untuk menjadi calon gubernur pada 2012, Jokowi menumpang penerbangan komersial dan duduk di bangku kelas ekonomi.

Belakangan, diketahui Jokowi akan terbang dengan pesawat nonkomersial dari Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Tiba di Bandara Adi Soemarmo, Solo, ia akan disambut oleh para relawan, yang mendukungnya sejak ia menjadi Wali Kota Solo. 

Kepastian para relawan akan menjemput, dan menyambut kepulangannya ke kampung halaman itu, diketahui setelah Jokowi bertemu para relawannya di sebuah restoran di Jakarta, beberapa waktu lalu. 

Setelah tak lagi menjabat, dan pulang ke kampung, ada kabar Jokowi berencana berkeliling ke sejumlah daerah di Jawa Tengah. Sala satunya Wonogiri. Jokowi bakal lebih banyak menghabiskan waktunya, berlibur bersama keluarga.

Satu hal, Presiden Jokowi meyakini transisi pemerintahan akan berjalan mulus dan langsung bergerak tanpa jeda. Prabowo Subianto selalu menghadiri rapat dan sidang kabinet untuk konsolidasi sejak KPU RI menetapkan Prabowo menjadi calon presiden terpilih pada Pemilu 2024.

Jika sebelumnya Prabowo selaku Menteri Pertahanan hanya hadir untuk urusan pertahanan di sidang kabinet, kata Jokowi, setelah menjadi calon presiden terpilih pada Pilpres 2024, Prabowo hadir di semua rapat terbatas dan rapat paripurna.

"Yang saya senang, sejak beliau (Prabowo) terpilih, sebagai [calon] presiden terpilih, persiapan menuju ke pelantikan itu betul-betul secara rencana kerja, program, dan lain-lain, transisinya berjalan dengan baik," kata Jokowi. ***